Cek Penerapan Protokol Kesehatan, Gugus Tugas Sidak ke PT PPIS

oleh -164 views
Indartato saat berada di PT PPIS bersama Gugus Tugas. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Kasus terpaparnya coronavirus disease 2019 (COVID-19) terhadap puluhan karyawan pabrik rokok di Rungkut, Surabaya, menjadi perhatian serius Bupati Pacitan Indartato.

Pasalnya, di Pacitan sendiri juga ada pabrik rokok lintingan yang merupakan mitra produksi dari pabrik rokok yang puluhan karyawannya positif terinfeksi COVID-19 tersebut.

Juru bicara satuan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, Bupati Indartato selaku Komandan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 meninjau pabrik rokok PT Putra Pacitan Indonesia Sejahtera (PPIS).

“Pak bupati melakukan pengecekan sampai sejauh mana kesiapan PT PPIS Pacitan dalam penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan produksi sehari-hari,” ujarnya, saat mendampingi Bupati Indartato, Jumat (22/5).

Dalam kunjungan itu, Indartato didampingi Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto, Dandim 0801/Pacitan, Letkol inf Nuri Wahyudi, Sekkab Heru Wiwoho Supadi Putro, Pelaksana tugas Kepala Dinkes Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka dan Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo,

Pada kesempatan tersebut, Kapolres AKBP Didik Hariyanto meminta agar manajemen pabrik lebih memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) agar bisa terhindar dari paparan covid-19 seperti  kasus yang terjadi di Surabaya.

“Disamping itu perlu disiapkan rapid test kit (RTK) kalau memungkinkan bagi karyawan PT PPIS. Hal tersebut guna mengantipasi penularan covid 19 di Pacitan. Utamanya yang berstatus orang tanpa gejala (OTG). Karena pekerja PT. PPIS berasal dari seluruh kecamatan yang ada di Pacitan,” jelas Rachmad, memetikan pernyataan Kapolres Pacitan.

Sementara itu, lanjut Rachmad, Dandim 0801/Pacitan, Letkol inf Nuri Wahyudi, berharap agar selama masa pandemi global COVID-19 ini tidak ada pekerja yang dirumahkan.

Lain itu, prajurit TNI tersebut juga meminta agar management PT. PPIS selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Pak Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak PT PPIS, yang tidak merumahkan para pekerjanya serta bersedia melaksanakan protokol kesehatan,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan