Ketua PCNU Pacitan Tegaskan Tidak Ada Perbedaan 1 Syawal 1441 H

oleh -126 views
KH Mahmud Ketua PCNU Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah memastikan tidak adanya perbedaan penentuan jatuhnya hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 hijriyah. Hal tersebut seperti disampaikan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pacitan, KH Mahmud.

Usai mengikuti rapat koordinasi gugus tugas percepatan penanganan Coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan, kyai muda ini menegaskan, semua ormas Islam, baik Muhamadiyah ataupun Nahdatul Ulama, sepakat bahwa hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah jatuh pada Ahad (24/5).

“Kami (Muhamadiyah dan Nahdatul Ulama) sepakat kalau lebaran jatuh pada Ahad (24/5) nanti,” jelasnya, Jumat (22/5/2020).

Mahmud mengatakan, setelah dilakukan sidang isbat, Ramadhan tahun ini memang genap selama 30 hari.

Dengan begitu, ia meminta agar tidak ada silang sengkarut ditengah masyarakat muslim soal jatuhnya hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 hijriyah.

Sebagai informasi, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat guna menentukan awal bulan Syawal dan Hari Raya Idul Fitri pada Jumat (22/5/2020) dan dilakukan secara terbatas dampak dari pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Dalam sidang Isbat itu nantinya akan melibatkan para tokoh dari berbagai ormas Islam. Namun, mereka akan melakukan sidang Isbat secara virtual. Sidang Isbat akan digelar mulai pukul 17.00 WIB dan ditayangkan di TVRI serta melalui media sosial Kemenag.

Kemenag akan mempertimbangkan penentuan Idul Fitri menggunakan rukyatul hilal. Nantinya hilal akan dipantau di 80 titik yang tersebar di 34 provinsi.

Biasanya dalam pelaksanaan sidang Isbat juga melibatkan tokoh-tokoh atau pimpinan organisasi masyarakat keagamaan.

Meski sidang Isbat belum dilaksanakan, ada kemungkinan pada tahun ini lebaran akan digelar bersama-sama. Untuk Muhammadiyah, hari raya Idul Fitri 2020 sudah ditetapkan melalui Maklumat NOMOR 01/MLM/I.0/E/2020.

Maklumat ini berisi tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1441 Hijriah. Berdasarkan hasil hisab Muhammadiyah, tanggal 1 Syawal 1441 H atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Ahad Kliwon, 24 Mei 2020 M.

Sementara itu, keputusan NU tentang lebaran Idul Fitri tahun lazimnya menunggu hasil sidang Isbat pemerintah. Hasilnya tentu harus melalui metode rukyatul hilal (menyaksikan hilal Bulan). Hanya saja, berdasarkan kalender yang disusun oleh Lembaga Falakiyah NU Jawa Timur, 1 Syawal 1441 H jatuh pada Ahad Kliwon, 24 Mei 2020.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan