Semua Bantuan Harus Sampai ke Masyarakat Pacitan Sebelum Lebaran

oleh -83 views
bantuan sosial yang hendak disalurkan ke masyarakat. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN –  Bupati Pacitan Indartato, menginstruksikan agar semua bantuan sosial bisa tersampaikan ke seluruh keluarga penerima manfaat (KPM), sebelum hari H lebaran.

Pernyataan tersebut seperti disampaikan Kabid Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Marsandi, Kamis (21/5/2020).

“Pak Bupati berharap, agar semua bantuan bisa tersampaikan ke masyarakat sebelum hari lebaran,”katanya.

Menurut Marsandi, seluruh bantuan tersebut berasal dari Pemkab Pacitan. Hanya saja, Dinas PMD menjadi leading sektor penyaluran bantuan yang khusus ditujukan kepada para pedagang pasar tradisional dan para kuli pasar, yang terdampak pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19). 

“Kita menyasar 63 pasar desa. Pada tahap pertama lalu sudah kita salurkan kepada 2.916 KPM,” tuturnya.

Pada tahap kedua ini, lanjut Marsandi, Dinas PMD bekerja sama dengan Dinas Sosial, kembali akan menyalurkan sebanyak 3.830 paket bantuan.

Utamanya ke pasar desa di wilayah Kecamatan Arjosari, Tegalombo, Kebonagung, Sudimoro, Punung, Pringkuku dan Donorojo.

“Hari ini penyaluran bantuan kita pusatkan di Kecamatan Nawangan dan Bandar. Sedikitnya ada 424 paket bantuan yang akan disampaikan kepada KPM,”jelasnya.

Perlu diketahui, paket bantuan tersebut senilai kurang lebih Rp 150 ribu per paket. Berisikan enam jenis bahan pokok. Diantaranya beras sebanyak 10 kilogram (kg), satu kilogram gula pasir, minyak goreng kapasitas 900 mili liter, enam bungkus mie instan, dan satu botol kecap manis.

“Kalau dikalkulasi, setiap paket sembako bernilai Rp 150 ribu,” pungkas Marsandi.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan