Plt Kadinkes: Masyarakat Jangan Salah Paham Soal Kehidupan Normal Baru Ditengah Pandemi Covid-19

oleh -13280 views
Trihariadi Hendra Purwaka, Plt Kadinkes Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN – Kehidupan normal baru, ditengah pandemi global coronavirus disease (covid-19) yang didengungkan Presiden Jokowi, diharapkan tidak menjadi salah kaprah bagi masyarakat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka mengatakan, kehidupan normal baru seperti disampaikan Presiden Jokowi, dimaksudkan agar masyarakat bisa kembali beraktifitas meski wabah covid-19, tak kunjung usai.

“Meski masih ada wabah, namun masyarakat bisa kembali beraktifitas. Akan tetapi, menurut Pak Presiden, protokol kesehatan harus tetap dijalankan. Kehidupan normal baru, artinya masyarakat bisa bersahabat dengan virus SARS-CoV-2, dengan mengindahkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” ujarnya, Rabu (20/5).

Menurut dokter yang akrab disapa Hendra ini, kebebasan beraktivitas bagi masyarakat, namun tetap pada batasan yang harus diperhatikan. Termasuk kewajiban memakai masker dan jaga jarak fisik (physical distancing) jangan sampai lalai.

“Sebab coronavirus sampai detik ini belum ada obat maupun vaksinnya. Setiap saat, apabila kita lengah akan bisa terinfeksi,” jelasnya.

Karena itu, dokter lulusan salah satu universitas di United State of American (USA) ini meminta, peran serta seluruh komponen yang ada. Utamanya dunia swasta, diharapakan ikut peduli mengkampanyekan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran coronavirus.

“Utamanya pusat perbelanjaan, kalau bisa menyiapkan scurity di depan pintu masuk. Mereka akan memberikan imbauan kepada para pengunjung yang tidak memakai masker, agar tidak diperbolehkan masuk, sebelum memakai alat pelindung diri tersebut. Sehingga tidak akan ada yang tertular dan menularkan saat berada di dalam toko,” jlentrehnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan