Jelang Lebaran, Polres Perketat Jalur Pintu Masuk ke Pacitan

oleh -13522 views

Pacitanku.com, PACITAN – Jelang hari raya Idul Fitri, jajaran Polres Pacitan memperketat jalur jalur pintu masuk utamanya jalur luar kota menuju kabupaten Pacitan.

Usaha mempeketat jalur masuk tersebut dengan memanfaatkan pos pos check point pemantauan yang sudah berdiri selama ini sebagai pos pengawasan pemutusan mata rantai corona virus disease 2019 (COVID-19).

Menurut kapolres Pacitan, AKBP Didik Hariyanto, pos checkpoint tersebut selain sebagai pemantauan terhadap pengendalian penyebaran COVID-19, juga sebagai pos pantau keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Jadi pos pantau yang sudah ada itu bukan hanya sekedar sebagai pos screening corona. Tapi juga sebagai pos jaga keamanan. Karena biasanya jelang Idul Fitri, kondisi suatu wilayah menjadi sedikit rawan terkait kriminalitas. Apalagi saat ini ada pembatasan fisik kaitannya dengan corona. ” ujar perwira dengan. Melati dua tersebut kepada pewarta, senin (18/5/2020).

Seperti diketahui, semenjak ditetapkannya Kabupaten dalam status darurat wabah corona Pada 17 april 2020 lalu, bertahap setiap pintu keluar masuk perbatasan kota didirikan pos pemeriksaan dan pemantauan keluar masuk orang dan kendaraan. Hal ini dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Ya cukup membantu adanya pos pantau tersebut, terbukti didaerah cemeng, hampir saja terjadi kasus pencurian sapi. Yang kemudian pelaku tertangkap karena melalui pos Check point, dan akhirnya benar. Pelaku kemudian ditangkap karena membawa sapi hasil curian dari wilayah hukum Pacitan,”imbuh Kapolres.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres juga menambahkan bahwa pos pantau selain berfungsi sebagai pos pengawasan penyebaran wabah COVID-19, juga sangat berperan penting sebagai pos penjagaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Mari bersama kita cegah penyebaran COVID-19 dan kita jaga bersama keamanan dan ketertiban demi Pacitan yang adem ayem tentrem,”pungkasnya.

Kontributor: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan