ASN Harus Bisa Menjadi Teladan Bagi Masyarakat dalam Penanganan COVID-19

oleh -13316 views
Foto Ilustrasi: PNS di Pacitan saat upacara, beberapa bulan yang lalu. (Foto: Humas Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Juru bicara satuan gugus tugas (satgas) percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19). Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto, meminta agar para aparatur sipil negara (ASN) bisa menjadi tauladan bagi masyarakat, dalam hal penanganan wabah COVID-19.

Menurut Rachmad, sebagaimana imbauan yang disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan SDM, Supomo, agar ASN bisa menjadi corongnya gugus tugas dalam hal penanganan wabah virus SARS-CoV-2 tersebut.

“Kalau ada ASN atau keluarganya yang terindikasi COVID-19, diharapkan segera mengajukan cuti selama 14 hari untuk melaksanakan karantina mandiri. Jadi diharapkan para ASN bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat,”ujar Rachmad, memetikan pernyataan yang disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan SDM, Supomo, Selasa (12/5/2020).

Seperti kasus yang dialami salah seorang ASN, yang putranya dinyatakan reaktif hasil rapid diagnostic test (RDT), episenter Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fatah, Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan.

Begitu mendapatkan laporan dari masyarakat, Kepala Badan Kepegawaian dan SDM, Supomo langsung mengambil langkah tegas untuk memberikan pembinaan.

“Setelah mendapat pembinaan dari Kepala Badan Kepegawaian dan SDM, ASN tersebut langsung mengajukan cuti sakit, untuk karantina mandiri. Ini tindakan ketauladanan yang harus ditiru ASN lainnya. Jadi nggak perlu dikejar-kejar satgas, tapi mereka bisa sadar diri,” jelas mantan Kepala Dinas Kesehatan Pacitan ini.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan