Bawaslu Ingatkan Pemkab Jangan Besut Program yang Untungkan atau Rugikan Salah Satu Balon

oleh -13231 views
Ketua Bawaslu Pacitan, Berty Stevanus. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pacitan masih fokus dalam melakukan pengawasan ditegah pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Hal tersebut lebih didasarkan pada program-program pemerintah guna penanggulangan covid-19, agar tidak sampai dimanfaatkan oleh bakal calon bupati dan wakil bupati.

Ketua Bawaslu Pacitan, Berty Stevanus mengatakan, seiring pasal 71, UU 10/16 dijelaskan, agar petahana tidak membuat program-program kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu bakal calon.

“Kami (Bawaslu) sudah bersurat ke pemkab, terkait masalah tersebut. Kami mengingatkan agar jangan sampai pemkab membuat program-program yang menguntungkan atau merugikan salah satu bakal calon bupati ataupun wakil bupati,” kata Berty, Senin (11/5/2020).

Salah satunya, kata Berty, termasuk ditegah pandemi global coronavirus ini. Saat kondisi pandemic saat ini, Berty juga menekankan agar jangan sampai, program bantuan pemerintah di politisasi untuk kepentingan salah satu bakal calon.

“Bawaslu akan tetap melakukan pengawasan. Tapi sekali lagi, fungsi kami sebenarnya lebih pada langkah-langkah pencegahan,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan