Satu RT di Pacitan Inisiasi Program “BenBerkah” Berbagi untuk Warga

oleh -13388 views
Pembagian program Benerkah di Ploso, pada Sabtu (9/5/2020) malam. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Dampak pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) menyebabkan kegiatan masyarakat berkurang. Akibatnya banyak terjadi pengangguran baik itu masyakat desa maupun kota.

Guna mendukung upaya kestabilan ekonomi masyarakat, salah satu Rukun Tangga (RT) di Kecamatan Pacitan, yakni RT/RW 02/VI, lingkungan Peden, Kelurahan Ploso, Pacitan melakukan inovasi melalui lembaga sosial mandiri.

Ketua RT setempat, Muhammad Rofiqin mengatakan program yang dicanangkan melalui lembaga sosial  dibawah RT dengan nama “BenBerkah” tersebut menginisiasi adanya program dari kita untuk kita.

Adapun konsepnya adalah menyalurkan hasil sedekah warga yang dikembalikan untuk warga terdampak.

Pada Sabtu (9/5/2020) malam, ada 70 paket yang dibagikan dengan isi beras, minyak, telor, gula, dan mie. Paket bantuan tersebut merupakan murni dari sedekah warga dan dikembalikan untuk warga.

“Benberkah ini sebagai bagian dari upaya untuk menstabilkan kegiatan ekonomi masyarakat di RT sini mas,”kata pria yang akrab disapa Mamad ini, Sabtu (9/5/2020) malam.

Lebih lanjut, Mamad mengatakan, dengan mengambil komsep sedekah, BenBerkah ini mewadahi apapun yang disedekahkan dermawan untuk masyarakat di RT sini.”Benberkah ini sebagai lembaga sosial lokal di bawah RT, menerima segala bentuk sedekah dan prinsipnya dari kita untuk kita,”jelasnya.

Pada Sabtu (9/5/2020) malam, Mamad mengatakan untuk penyaluran hasil sedekah ada 70 paket sembako. Ini murni dari hasil sedekah dan tanpa bantuan pemerintah .

“Kami malam ini menyalurkan 70 paket hasil pengumpulan sedekah mas. Prinsipnya kami mandiri tanpa mengharap bantuan pemerintah, namun kalu pemerintah mau memberi ya kami tidak menolak. Yang terpenting prinsip kami tetap mandiri dengan Benberkah,”ungkapnya.

Mamad berharap, dengan adanya “BenBerkah” maka akan menjadikan sikap saling membantu menjadi tumbuh. Dan adanya rasa kepedulian untuk saling membantu sesama masyarakat.

“Saya pribadi.berharap dengan BenBerkah mayarakat tidak ada perbedaan antar masyarakat. Prinsip saling membantu menjadikan masyarakat peka terhadap kepedulian masyarakat lainnya,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan