Plt Kadinkes Pacitan Tegaskan RTK Masih Melimpah

oleh -13396 views
Rapid Test Kit Coronavirus. (Foto: freepik.com)

Pacitanku.com, PACITAN — Ketersediaan alat rapid test kit (RTK) di Kabupaten Pacitan, masih cukup aman guna melakukan rapid diagnotic test (RDT) terhadap pasien terduga coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka mengatakan, gugus tugas belum lama ini telah melaksanakan pengadaan RTK sebanyak 800 kit. Sampai detik ini, jumlah terpakai belum mencapai 200 kit.

“Sehingga kita perkirakan masih ada sekitar 600’an kit lebih. Mudahan-mudahan cukup sampai masa pandemi 29 Mei nanti,” ujar dokter yang akrab disapa Hendra ini, usai mengikuti rapat koordinasi gugus tugas di ruang rapat Bupati Pacitan, Rabu (6/5/2020).

Menurut Hendra, kalaupun masih belum cukup, gugus tugas akan kembali melakukan pengadaan.

“Masyarakat nggak usah khawatir, RTK kita masih banyak,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak Pacitan ini, mengingatkan, agar masyarakat tetap waspada dan jangan lengah.

Sebab ia masih sering menjumpai masyarakat yang lalu-lalang dijalan tanpa memakai masker pelindung. Untuk itulah, Hendra kembali menegaskan, agar masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Tetap tinggal dirumah, dan selalu memakai masker saat keluar rumah. Selain itu, jangan lupa sesering mungkin melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) di air mengalir. Sebab hanya dengan cara itu, akan bisa memutus mata rantai penularan covid-19,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan