Kapolres Pacitan Ajak Awak Media Tangkal Berita Hoax Seputar COVID-19

oleh -13303 views
Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto (baju coklat). (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Usai jumpa pers tentang bertambahnya pasien positif coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pacitan, Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto mengajak awak media untuk berjalan memberikan berita yang baik, benar dan tidak membuat keresahan.

Hal ini disampaikan Kapolres Pacitan usai jumpa pers di halaman wingking (Halking) Pendopo Kabupaten Pacitan, Rabu (28/4/2020) malam.

“Hari ini positif bertambah dari 2 menjadi 4. Bermacam berita hoax pun juga sudah mulai muncul. Saya berharap teman-teman media bisa membantu kami untuk senantiasa turut menjaga kerahasiaan demi mencegah kepanikan,”kata Kapolres.

Menurut Kapolres, saat ini masyarakat cenderung lebih percaya berita hoax dari pada berita yang disampaikan oleh media-media mainstream.

“Berita hoax lebih cepat menyebar daripada berita dari media mainstream,”tandasnya.

Sebagai contoh, Kapolres menyebut adanya penulisan judul berita bahwa Pacitan rawan.

“Lah padahal disini tidak ada tindak kriminal yang besar. Ada kriminalitas tapi skala ringan. Pencurian biasa. Nah ini sudah dikait-kaitkan dengan corona, video-video tidak jelas beredar. Padahal itu kejadian tahun lama,”imbuh Didik.

Menurut Didik, peran media sebagai pilar keempat dari pembangunan bisa dikatakan sangat vital.

“Dengan media orang bisa berbuat apa saja. Dan akibat media orang bisa menjadi apa saja,”pungkasnya.

Kontributor: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan