Bertambah Lagi, Total PDP COVID-19 di Pacitan Menjadi 11

oleh -13587 views
Jubir gugus tugas COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN –  Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pacitan kembali bertambah.

Menurut keterangan juru bicara satuan gugus tugas (satgas) percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto mengatakan, hari ini ada penambahan satu PDP, sehingga total PDP menjadi 11.

“1 PDP tersebut adalah tenaga kesehatan, meskipun rapid diagnostic test (RDT) menunjukkan hasil yang non reaktif atau negatif,” katanya, Sabtu (25/4).

Baca juga: PDP Asal Pacitan Meninggal di Yogyakarta

Atas penambahan PDP tersebut, Rachmad meminta masyarakat Pacitan untuk selalu menaati protokol pencegahan dan penanganan COVID-19.

“Hal ini untuk dijadikan perhatian bagi masyarakat Kabupaten Pacitan, agar selalu mentaati protokol pencegahan dan penanganan COVID-19,”tandasnya.

Lebih lanjut, Rachmad mengatakan, pihaknya akan melakukan uji swab terhadap PDP tersebut pada hari ini Sabtu (25/4/2020).

Selain itu, Rachmad mengatakan peristiwa Ini menjadi bahan edukasi bagi masyarakat bahwa tenaga kesehatan yang nota bene paham akan pencegahan dan penanganan COVID-19, serta dinamikanya saja bisa terindikasi ke PDP.  Apalagi yang masyarakat awam.

“Untuk itu gugus tugas selalu memberikan imbauan kepada masyarakat, agar selalu menjaga kesehatan biar daya imunitas tubuh kita optimal. Yaitu dengan berperilaku hidup bersih dan sehat. Sering cuci tangan pakai sabun di air mengalir.

Baca juga: Bertambah Satu, Jumlah PDP di Pacitan Jadi 9 Orang

Tak hanya itu, Rachmad juga terus mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berada di rumah jika tidak terdesak untuk melakukan aktivitas diluar rumah.

“Dan yang lebih penting stay at home. Bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Jangan keluar rumah bila tidak mendesak,” pesan Rachmad mewanti-wanti.

Disamping itu, lanjut dia, wajib hukumnya memakai masker apabila harus keluar rumah dan berinteraksi sosial. “Selalu jaga jarak apabila berada di luar rumah,” tandasnya.

Sementara, mengutip data dari Satgas COVID-19 Pacitan, hingga Sabtu (25/4/2020), total PDP di Pacitan adalah 11, dengan rincian sebanyak 6 PDP masih dirawat, 4 PDP selesai dipantau dan 1 PDP yang merupakan PDP ke-10 meninggal dunia.

Satgas COVID-19 Pacitan juga telah memantau total 17.333 orang, dengan rincian 17.205 orang dalam risiko (ODR), 516 orang dalam pemantauan (ODP) dan satu pasien positif COVID-19.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan