Dewan Desak Bupati Indartato Segera Mengangkat Penjabat Definitif di Dinkes

oleh -13145 views
Legislator PKS DPRD Pacitan Handaya Aji. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN — Anggota DPRD Pacitan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Handaya Aji, mendesak ke bupati Pacitan agar segera melantik Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) definitif. Hal tersebut berkaitan dengan wabah covid-19 yang semakin hari semakin menjadi.

“Jadi jangan hanya pelaksana tugas, tetapi harus segera ada penjabat, definitif. Agar kewenangannya lebih pasti dalam mengambil kebijakan ditengah wabah coronavirus,” kata Handoyo Aji, Selasa (21/4).

Dewan yang akrab disapa Yoyok ini memahami, bila kewenangan bupati sangat terbatas, seiring pelaksanaan tahapan Pilbup serentak tahun 2020 ini. Yaitu, enam bulan sebelum penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati oleh KPU, merupakan batas akhir bagi seorang kepala daerah untuk melakukan kebijakan mutasi ataupun promosi jabatan.

Akan tetapi, seiring terjadinya wabah coronavirus, KPU RI sempat mewacanakan menunda tahapan Pilbup serentak.

“Karena alasan itulah, nanti kalau sudah terbit Perppu, kami harapkan bupati segera melakukan reposisi pejabat. Utamanya menetapkan penjabat definitif di Dinas Kesehatan,” pintanya.

Selain itu, Yoyok juga memberikan dukungan kepada badan pertimbangan pangkat dan jabatan (Bapperjakat) serta bupati, untuk melakukan kocok ulang pejabat yang dimungkinkan masih kurang pas dalam menunjang kinerja bupati dan perangkatnya.

“Kalau memang masih kurang pas, lebih baik segera di reposisi ulang. Sebab hal tersebut sangat berkaitan dengan pencapaian visi dan misi bupati,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan