Satu PDP Lansia di Pacitan Dipastikan Ikuti Uji Swab

oleh -13248 views
Jubir Satgas COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN –  Satu pasien dalam pengawasan (PDP) lanjut usia yang menjalani karantina mandiri di kediamannya, dipastikan akan menjalani uji swab guna memastikan adanya infeksi COVID-19 ataukah tidak.

Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, mengatakan, hari ini tim gugus tugas akan mengambil sampel jaringan mukosa dari rongga tenggorokan ataupun rongga hidung.

“Pendamping hidup dari PDP tersebut, juga akan dilaksanakan uji swab,” ujar Rachmad, yang saat itu sempat meninjau kediaman PDP di seputaran Kecamatan Pacitan, Senin (20/4/2020).

Baca juga: Pertimbangan Psikologi dan Usia, Satu PDP di Pacitan Diisolasi di Rumah

Rachmad menegaskan, selama menjalani masa karantina, kediaman PDP yang sudah lanjut usia tersebut, selalu dalam pengawasan petugas keamanan dan tim medis. Hanya saja mereka memang tidak siaga 24 jam.

“Yang paling utama, pengawasan dilakukan oleh lingkungan dan keluarga. Hari ini tadi memang ada Babinkamtibmas, Babhinsa dan bidan desa yang ada disitu. Mereka memang tidak harus berjaga 24 jam. Kalau terjadi sesuatu hal, pihak lingkungan yang akan menyampaikan laporan,” tegas mantan Kepala Dinas Kesehatan Pacitan ini.

Sebelumnya diberitakan di Pacitanku.com, PDP tersebut  dipastikan tidak akan diisolasi di rumah sakit. Hal tersebut lantaran pertimbangan usia dan dampak psikologis pasien.

Kepastian itu setelah dilakukan pendekatan, baik dengan lingkungan, kepala desa dan pihak keluarga, gugus tugas akhirnya memberikan dispensasi agar si pasien bisa diisolasi di rumahnya.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam surat pernyataan bermeterai cukup, yang ditanda tangani perwakilan keluarga, lingkungan dan gugus tugas.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan