Plt Kadinkes Pacitan: Kemenkes RI Belum Sampaikan Hasil Swab Lanjutan Pasien Positif Corona

oleh -13301 views
Plt Kadinkes T Hendra Purwaka. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Hasil uji swab lanjutan terhadap pasien positif coronavirus disease 2019 (COVID-19) dan pasien dalam pengawasan (PDP) ke-5, di Kabupaten Pacitan, masih memunculkan teka-teki.

Pasalnya, sampai detik ini, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tak kunjung menyampaikan hasil.

Menurut keterangan Pelaksana tugas, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka, mengatakan, menurut informasi yang ia terima, mestinya hasil swab lanjutan terhadap satu pasien positif COVID-19 dan satu PDP ke-5, selesai pada Kamis atau Jumat kemarin.

“Akan tetapi sampai Jumat malam kemarin, hasil tersebut belum ada. Kami sempat konfirmasi ke Pemprov Jatim, dan hasilnya memang belum turun,” ujarnya, Sabtu (18/4/2020).

Dokter yang akrab disapa Hendra ini berharap, semoga hasil swab terhadap satu pasien positif corona dan satu PDP ke-5 tersebut diperoleh hasil negatif. “Sehingga jumlah pasien positif COVID-19 akan hilang,” harapnya.

Data hingga Jumat (17/4/2020) kemarin, jumlah orang sehat dalam risiko di Pacitan sebanyak 13.994, jumlah orang dalam pemantauan sebanyak 500 dan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 5. Jumlah PDP ini meningkat dibanding sehari sebelumnya. Sedangkan pasien positif corona di Pacitan sebanyak 1 orang.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan