Banyak Proyek Fisik Konstruksi di Pacitan yang Terpangkas

oleh -13295 views

Pacitanku.com, PACITAN — Dunia jasa konstruksi di Pacitan, bakal kelimpungan. Pasalnya, tahun ini banyak paket proyek fisik konstruksi yang terpangkas seiring wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Menurut Kasubag Pengadaan Barang dan Jasa, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Setkab Pacitan, Sigit Prabowo, kemungkinan akan banyak paket proyek fisik yang terpangkas, sebagai dampak infoccusing penanganan COVID-19.

“Kalau kita melihat dari rencana umum pengadaan (RUP) yang diunggah masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) melalui sistem informasi rencana umum pengadaan (Sirup), sejatinya banyak paket kegiatan yang akan dilaksanakan tahun anggaran 2020 ini. Namun seiring adanya kebijakan infoccusing penanganan COVID-19, sehingga banyak paket kegiatan yang dicoret dan dialihkan untuk penanganan COVID-19,” ujar Sigit, diruang kerjanya, Sabtu (18/4).

Pejabat eselon IVB tersebut, juga belum bisa memastikan berapa paket kegiatan yang nantinya akan ditenderkan.

“Tender berjalan ataukah tidak, kita masih menunggu instruksi dari tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). Sebab saat ini mereka tengah asistensi dengan semua OPD untuk infoccusing penanganan COVID-19,” bebernya.

Sigit berharap, dampak dari bencana non alam coronavirus tersebut, bisa dimaklumi semua penyedia jasa. Mengingat anggaran pemkab sangat terbatas. Apalagi kegiatan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sudah dihentikan, pelaksanaannya oleh Menteri Keuangan.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan