Personil Dispendukcapil Pacitan Luput Tracking dan RTK

oleh -13415 views
Rapid Test Kit Coronavirus. (Foto: freepik.com)

Pacitanku.com, PACITAN –  Sejumlah personil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pacitan, sejauh ini masih luput tracking dan rapid tes kit (RTK) COVID-19, dari gugus tugas percepatan penanganan COVID-19.

Perlu diingat, bahwa sebelumnya salah seorang karyawan Dispendukcapil Pacitan berinisial U, sempat mendatangi resepsi pernikahan salah seorang dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) DI Yogyakarta. Tak lama berselang, satu guru besar di perguruan tinggi kenamaan tersebut dikabarkan meninggal dunia, yang diduga kuat terinfeksi COVID-19.

Saat peristiwa itu berlangsung, personil U, yang kebetulan asli dari Yogyakarta tengah menjalani masa cuti. Akan tetapi saat ini yang bersangkutan kembali bertugas di Dispendukcapil Pacitan.

Disisi lain, sebelum Pemkab Pacitan memberlakukan sistem one day one home, pelayanan tatap muka di Dispendukcapil masih berlangsung. Padahal saat itu, animo kedatangan pemudik dari beberapa kota yang tercatat sebagai zona merah, relatif tinggi.

Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, segera menyampaikan informasi tersebut ke gugus tugas bidang kesehatan guna dilakukan tracking.

Dia juga meminta paling tidak beberapa personil yang ada di pelayanan terdepan untuk dilakukan RTK COVID-19.

“Secepatnya Informasi ini akan kami tindaklanjuti dengan tim tracking Dinas Kesehatan,” kata Rachmad, Jumat (17/4).

Sementara itu, sudah hampir dua pekan lebih organisasi perangkat daerah (OPD) dibawah kendali Supardianto tersebut, menerapkan pelayanan berbasis jaringan (daring). Kendati begitu, pantauan wartawan di lapangan, masih ada saja pemohon administrasi kependudukan yang ngantri didepan pagar, sekaliipun pintu sudah ditutup rapat oleh Satpol-PP.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan