Indartato Apresiasi Peran Pewarta Sebagai Penyambung Informasi Pemerintah Tangani COVID-19

oleh -13290 views
Bupati Pacitan Indartato saat jumpa dengan awak media, Jumat (17/4/2020). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato mengapresiasi peran pewarta dalam menyampaikan informasi dari pemerintah kepada masyarakat dalam rangka percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Pacitan.

“Kami selaku pemerintah daerah mengucapkan banyak terimakasih kepada para awak media yang sangat membantu pemerintah dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat berkenaan dengan penanganan wabah COVID-19,”katanya saat berbincang dengan awak media, Jumat (17/4/2020) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Baca juga: Bupati Indartato Estimasikan Rp60 M Lebih untuk Penanganan COVID-19

Dalam kesempatan itu, Indartato juga menyampaikan beberapa hal yang sudah dilakukan jajarannya dalam penanganan wabah COVID-19.

“Pemerintah Pacitan sampai saat ini telah melakukan beberapa langkah dalam upaya penanganan wabah COVID-19 di Pacitan diantaranya melalui sosialisasi, edukasi, dan mitigasi terhadap percepatan penanganan virus COVID-19 ini,”tandasnya.

Indartato mengatakan, selain itu mengacu pada surat BNPB tetang percepatan penanganan virus Covid-19 juga telah melakukan beberapa langkah.

“Berdasar pada surat BNPB nomor 13a tentang tanggap darurat Covid-19 yaitu sampai tanggal 29 Mei 2020,”ungkapnya.

Adapun terkait anggaran, tentu peran media sangat besar dalam mengawal anggaran kebencaan wabah ini sekaligus sebagai kontrol pemerintah daerah.

“Peran wartawan sebagai pilar keempat negara dalam keterbukaan sangat dibutuhkan sebagai pengontrol pemerintah apalagi dalam hal keterbukaan anggaran kebencaan seperti ini”

Untuk diketahui, Pacitan melakukan realokasi anggaran sebesar Rp20 miliar untuk penanganan COVID-19. Realokasi anggaran tersebut lebih difokuskan pada penanganan bidang kesehatan. Terutama pengadaan sarana dan prasarana. Selain itu, juga jaring pengaman sosial. Sebab saat ini banyak masyarakat yang ikut terdampak wabah COVID-19.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan