Satpol PP-Komporsium Relawan Bikin Chamber untuk Bantu Sterilisasi Cegah COVID-19

oleh -13265 views
Chamber di pintu masuk pendopo kabupaten Pacitan. (Foto: Julian Tondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Satuan Polisi Pamong Praja (PP) bekerja sama dengan komporsium relawan di Pacitan bersinergi membangun chamber untuk membantu sterilisasi sebagai antisipasi pemutusan mata rantai penyebaran coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Pacitan.

Salah satu yang dibangun adalah chamber yang terletak di pintu masuk kawasan pendopo kabupaten Pacitan pada Senin (13/4/2020) kemarin.

Kasi Linmas Satpol PP Ratna Budiono mengatakan chamber tersebut dibuat untuk memperketat arus keluar masuk tamu dan karyawan di lingkungan pendopo Kabupaten Pacitan.

Baca juga: Pintu Masuk Kantor Bupati Pacitan Lebih Diperketat

Para tamu atau karyawan yang semula hanya diperiksa suhu tubuh dan di himbau cuci tangan, namun sekarang telah ada chamber otomatis yang setiap kali ada orang atau kendaraan lewat masuk pendopo langsung menyemprotkan cairan desinfektan guna untuk sterilisasi.

“Chamber otomatis ini adalah bantuan dari teman teman komporsium relawan. Mereka berinisiatif untuk mendirikan ini harapannya bisa menjadi contoh tempat tempat lain. Ya kami ucapkan terima kasih kepada teman teman relawan,”kata Ratna, Selasa (14/4/2020) di Pacitan.

Menurut Ratna, pembangunan Chamber di pintu gerbang pendopo Kabupaten Pacitan ini tidak lepas dari sinergisitas masyrakat dan pemerintah dalam hal ini satpol PP pada khususnya.

Sementara anggota komporsium relawan pacitan Daeng Handi mengatakan pihaknya memiliki bebeberpa alat dan bisa merakitnya.

“Kemudian dari satpol PP juga ada alat. Maka kami rakit dan jadilah mesin Chamber otomatis ini. Tentang biaya cukup murah. Tidak sampai jutaan rupiah. Ya bismillah semoga ini bisa sedikit membantu memutus mata rantai penyebaran virus corona,”ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Akses pintu masuk menuju kantor Bupati Pacitan, di kawasan pendopo kabupaten mulai lebih diperketat. Semula bagi pengunjung hanya dilakukan cek temperatur tubuh dengan thermometer gun.

Namun mulai Senin (13/4/2020) kemarin, seluruh pengunjung yang hendak masuk ke kawasan pendopo harus terlebih dulu melalui chamber untuk dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Kendaraan yang ditumpangi pengunjung juga harus disemprot disinfektan. Bukan hanya pengendaranya,” kata juru bicara satuan gugus tugas (satgas) percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, Senin (13/4).

Pewarta: Julian Tondo/Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan