Banser Masih Giatkan Disinfeksi di Sejumlah Titik di Pacitan

oleh -13333 views
Banser Bandar saat jelang aksi disinfeksi pada Ahad lalu.

Pacitanku.com, PACITAN – Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser) masih terus melakukan kegiatan disinfeksi di sejumlah titik di Pacitan. Di Kecamatan Pacitan, Banser Satkoryon Pacitan melakukan giat disinfeksi di lingkungan Kwarasan Baleharjo Pacitan.

“Giat hari ini kami melibatkan 15 personel, 11 personel disinfeksi, 2 persnonel mengedukasi, 2 personel dokumentasi,”kata Kasatkoryon Banser Pacitan, Muhammad Syukron Hidayat, Selasa (14/4/2020).

Syukron mengatakan jika Banser akan terus melakukan disinfeksi hingga wabah dapat hilang dari Pacitan.”Hampir setiap hari ada giat mas, kami berharap wabah dapat hilang dari Pacitan” pungkasnya.

Ketua RT 01 Kwarasan Baleharjo, Imam Nachrowi ketua RT 02 lingkungan Kwarasan mengatakan menyampaikan terimakasih atas bantuan disinfeksi di lingkungannya.

“Harapan kita bersama semoga kita dijauhkan dari wabah ini dan wsbah dapat segera hilang dari Pacitan,”ujarnya.

Sinergi dengan Pemdes Bandar

Sebelumnya, pada Ahad (12/4/2020) lalu, Banser Satkoryon Bandar juga terus melakukan upaya pencegahan dan penanganan Covid-19. Bersama Pemerintah Desa Bandar, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Karang Taruna, dan Tagana Desa Bandar melakukan penyemprotan desinfektan ke rumah warga dan ruang terbuka publik di wilayah Desa Bandar.

Tak hanya itu, mereka juga melakukan sosialisasi tentang bahaya penularan covid-19, himbauan kepada pemudik agar melakukan isolasi diri atau tidak keluar rumah kecuali untuk keperluan yang sangat penting atau darurat selama 14 hari, serta membiasakan perilaku hidup bersih sehat sesuai protokoler kesehatan dari Pemerintah dan Dinas Kesehatan.

“Kegiatan penyemprotan disinfektan dan sosialisasi dipandu langsung oleh Kepala Desa Bandar dan seluruh Kepala Dusun di Desa Bandar, berbekal data pemudik dari Pemerintah Desa dan arahan dari Kepala Dusun akan mempermudah para relawan dalam menemui dan memberikan edukasi tentang protokoler kesehatan dalam pencegahan penularan COVID-19 kepada masyarakat,”ujar Slamet Riyanto, Kasatkoryon Banser Kecamatan Bandar dalam keterangannya kepada Pacitanku.com, Senin (13/4/2020) kemarin.

Menurut Slamet, penyemprotan disinfektan, untuk pencegahan penyebaran virus Corona Desa Bandar menggunakan kendaraan Polsek Bandar, dan untuk lokasi yang tidak bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat, relawan melakukan penyemprotan desinfektan dengan menggunakan tangki semprot.

Slamet Riyanto mengatakan penyemprotan ini dilakukan disejumlah fasilitas umum dan tempat ibadah, antara lain: Masjid, Sekolah, Pondok Pesantren, dan Pasar. Rute penyemprotan dilaksanakan disepanjang jalan desa. bahkan sampai ke jalan pelosok.

“Masyarakat tidak bisa hanya mengandalkan Pemerintah Kabupaten dalam penanganan ini. Pemerintah Desa juga perlu mengambil peran, dengan upaya ini semoga masyarakat Desa Bandar tetap sehat dan terhindar dari virus Covid-19. Mari patuhi anjuran dari Pemerintah untuk social distancing & stay at home, makan yang teratur dan biasakan pola hidup bersih sehat,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan