PMI Pacitan Distribusikan Face Shield Tahap Dua ke Sejumlah Pos Penanganan COVID-19

oleh -13212 views
PMI menyerahkan face shield ke pos COVID-19, sabtu malam. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pacitan mendistribusikan face shield atau alat pelindung wajah di sejumlah pos percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Pacitan, Sabtu (11/4/2020) malam.

“Malam tadi (Sabtu malam, red) PMI Pacitan melakukan giat penyerahan face shield mas di beberapa tempat, diantaranya Posko induk COVID-19, PSC 119, dan Pos Perbatasan di Glonggong Donorojo,”kata relawan PMI Pacitan, Apri Budi Santoso, Ahad (12/4/2020).

Baca juga: PMI Pacitan Produksi Face Shield untuk Relawan dan Petugas Medis Tangani COVID-19

Lebih lanjut, Apri mengungkapkan dengan didistribusikannya face shield tersebut, diharapkan mampu melindungi petugas dan relawan garda terdepan penanganan COVID-19 di Pacitan.

“Kami membuat 70 buah kami serahkan ke PSC 119, Posko Induk, dan Pos di Perbatasan Glonggong Donorojo, kami berharap dengan face shield ini petugas maupun relawan terlindungi dari terpaparnya virus covid-19,”jelasnya.

Sebelum menyalurkan ke pos COVID-19, PMI juga telah menyalurkan face shield untuk petugas pemadam kebakaran (Damkar) di Pacitan.

Sebagai informasi, face shield adalah kontrol infeksi yang memberikan perlindungan area wajah. Dengan menggunakan rangka filamen dari 3D printing, face shield ringan dan nyaman untuk melingkupi wajah hingga telinga. Frame ini juga menutup bagian wajah secara menyeluruh hingga sampai menutupi bagian telinga.

Sebelum memproduksi dan membagikan face shield, PMI Pacitan sendiri telah melakukan sejumlah kegiatan sosial untuk mempercepat penanganan terhadap wabah COVID-19, diantaranya penyemprotan disinfektan di sejumlah titik, yakni rumah ibadah, ruang publik.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan