PMI Pacitan Produksi Face Shield untuk Relawan dan Petugas Medis Tangani COVID-19

oleh -13273 views
FACE SHIELD. Relawan PMI menyerahkan face shield untuk petugas Damkar Pacitan. (Foto: Dok PMI)

Pacitanku.com, PACITAN – Tak sedikit para petugas medis yang menjadi korban akibat wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Indonesia.

Melihat kondisi ini, banyak instansi yang berusaha menyumbangkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk para relawan agar dapat bertahan dan berjuang mempercepat penanganan COVID-10.

Begitu pula tim dari Palang Merah Indonesia (PMI) Pacitan. Mereka memproduksi face shield untuk dibagikan gratis kepada relawan dan tenaga medis untuk menangani COVID-19 di Pacitan.

Baca juga: PMI Pacitan Gencarkan Penyemprotan Disinfektan di Masjid

Sebagai informasi, face shield adalah kontrol infeksi yang memberikan perlindungan area wajah.

Dengan menggunakan rangka filamen dari 3D printing, face shield ringan dan nyaman untuk melingkupi wajah hingga telinga. Frame ini juga menutup bagian wajah secara menyeluruh hingga sampai menutupi bagian telinga.

FACE SHIELD. Relawan PMI membuat face shield untuk petugas Damkar Pacitan. (Foto: Dok PMI)

“Hari ini kami giat membuat face shield mas, face shield akan kami buat dan sumbangkan untuk para relawan di perbatasan,”kata Apri Budi Santoso, salah satu relawan PMI Pacitan, saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Jumat (10/4/2020).

Selain untuk relawan di perbatasan yang melakukan aksi disinfeksi, Apri mengatakan produksi face shield tersebut untuk tenaga medis yang menangani pasien COVID-19. “Selain itu juga untuk tenaga medis di Pacitan,”katanya lagi.

Pada pengiriman pertama, Apri mengatakan PMI Pacitan sudah memberikan kepada petugas pemadam kebakaran (Damkar) Pacitan untuk keperluan melakukan disinfeksi.

“Untuk hari ini, kami sudah membuat beberapa, dan kami serahkan ke Pemadam Kebakaran Pacitan guna melengkapi APD Petugas penyemprotan disinfektan,”pungkasnya.

Sebelum melakukan produksi face shield, PMI Pacitan juga telah melakukan berbagai aksi disinfeksi untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan