Satgas COVID-19 Pacitan Minta Masyarakat Abaikan Pesan Berantai yang Meresahkan

oleh -13474 views
Juru Bicara Satgas COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Juru bicara (jubir) satuan gugus tugas (satgas) percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pacitan, Rachmad Dwiyanto meminta masyarakat mengabaikan pesan berantai yang hoaks dan meresahkan.

Rachmad menegaskan, kabar tersebut diduga berasal dari sumber yang tidak kredibel. Sehingga dia meminta masyarakat untuk tidak resah.

“Lebih baik abaikan dan langsung hapus ketika menerima pesan semacam itu. Dan jangan meneruskan pesan tersebut ke banyak kontak,” pesan Rachmad, Jumat (10/4/2020).

Rachmad juga mengimbau, agar masyarakat mengikuti rilis resmi dari pemerintah. Baik itu pusat, provinsi ataupun kabupaten/kota. Sebab ditengah wabah COVID-19 ini, pemerintah telah membentuk gugus tugas percepatan penanganan COVID-19.

“Jadi jangan mudah percaya dengan Informasi yang berasal dari sumber yang tidak kredibel dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,”pungkasnya.

Sebelumnya, beredar sejumlah pesan berantai di jejaring media sosial, utamanya grup aplikasi whatsapp massanger. Pesan tersebut menyatakan untuk tidak keluar rumah mulai 10-12 April, lantaran terjadi puncak infeksi COVID-19.

Adapun isi pesan dimaksud, diantaranya sebagai berikut :

kenapa kita dianjurkan untuk makai masker di tgl 10-12 April

“URGENT”

Sbg informasi dari Bpk Dir-1…

Bhw 3 hari kedepan diusahakan seluruh anggota keluarga masing2 di Rmh…utk tdk keluar rmh, walau hanya utk berjemur, klu tdk sgt terpaksa..

Krn dlm 3 hari kedepan Arus angin dari Utara ke arah Selatan yg membawa wabah (penyakit) akan melewati Indonesia menuju Australian..

Tolong diinformasikan kpd teman2 yg tdk ada di grup ini…

Terimakasih…

Sebelumnya juga sempat beredar pesan berantai yang isinya nyaris sama. Pesan tersebut diantaranya berbunyi:

Mulai besok 280320, jangan keluar rumah mencari makanan atau untuk apa pun, karena hal yang terburuk dimulai, tanggal inkubasi telah tiba dan banyak yg terinfeksi positif akan menunjukkan

gejalanya dan banyak orang bisa tertular, jadi sangat penting untuk tetap di rumah dan tidak berhubungan dengan tidak bertemu orang lain, sangat berhati-hati adalah sangat penting.

Dari 23 Maret hingga 3 April kita harus menjaga diri kita sendiri, karena kita akan berada di puncak penyebaran virus dalam dua minggu, biasanya dalam dua minggu itu semua yang terinfeksi akan muncul kemudian ada dua minggu tenang dan kemudian dua minggu lagi mulai berkurang.

Apa yang terjadi di Italia adalah bahwa siklus ini diabaikan pada musim penularan dan itulah mengapa semua kasus bercampur menjadi satu

Dan akhirnya, jangan menerima kunjungan dari siapa pun, bahkan dari keluarga yang sama. Ini semua untuk kebaikan semua.

KITA AKAN BERADA DI TINGKAT INFEKSI MAKSIMUM.

JANGAN ABAIKAN PESAN INI, BAGIKAN KE SEMUA KONTAK ANDA