Indartato Minta Gugus Tugas Dibawah Kendalinya Serius Tangani Wabah COVID-19

oleh -168 views
Bupati Pacitan Indartato. (Foto: tangkapan layar Youtube Humas Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato meminta agar satuan tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) dibawah kendalinya, serius menuntaskan penanganan virus tersebut.

Ia meminta agar sinergitas semua bidang lebih diperkuat lagi. Mengingat sampai detik ini, wabah virus SARS-CoV-2 kian menjadi.

“Kami imbau seluruh satuan tugas penanganan coronavirus, lebih serius dan lebih bersinergi untuk menuntaskan wabah COVID-19,” kata Indartato, Selasa (7/4/2020) di Pacitan.

Menurut pria yang juga sebagai Komandan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Pacitan ini, ada tiga hal yang harus dilakukan pemerintah dalam upayanya menangani dan mencegah penularan covid-19.

Diantaranya memberikan sosialisasi, meliputi surveilans dan pendataan pendatang.

Kemudian pencegahan, yaitu melakukan tracking kepada masyarakat ataupun pendatang yang terindikasi sebagai orang dengan risiko (ODR), orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) serta orang tanpa gejala (OTG), yakni orang sehat namun pernah kontak langsung dengan pasien positif COVID-19.

“Langkah ketiga yakni pengobatan dan rehabilitasi,” tegas Indartato.

Bupati menegaskan, hingga detik ini animo pemudik ke Pacitan semakin meningkat. Untuk itu perlunya kesadaran dari mereka untuk melakukan karantina mandiri, terlebih yang baru datang dari daerah outbreak COVID-19. Selain itu, satuan tugas pengamanan di pos berbatasan juga lebih diperketat.

Terutama pendataan pemudik. Guna keperluan itu, Indartato, sampai menerjunkan pesonil dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) untuk melakukan pengecekan identitas diri mereka.

“Personil Dispendukcapil sudah kita terjunkan di pos perbatasan, meski mereka tidak harus setiap hari disana. Yang paling utama petugas kesehatan dan keamanan,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan