Banser, Polsek dan Koramil Sudimoro Gelar Disinfeksi Cegah COVID-19

oleh -13262 views
Banser Sudimoro melakukan aksi penyemprotan disinfektan.

Pacitanku.com, PACITAN – Aksi sosial percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) terus dilaksanakan semua elemen masyarakat. Tidak terkecuali anggota Banser Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Kecamatan Sudimoro.

Mereka secara bergilir melalukan aksi disinfeksi dengan penyemprotan desinfektan ke sejumlah masjid, musala dan beberapa ruang terbuka publik di wilayah Kecamatan Sudimoro. Sebelumnya, mereka berkeliling di Desa Karangmulyo, Desa Gunungrejo dan Desa Ketanggung.

“Aksi ini di lakukan berkeliling ke desa-desa,” ujar Burhanudin, salah seorang tokoh Banser di Desa Ketanggung, Kecamatan Sudimoro, Ahad (5/4/2020).

Menurut pria yang juga Ketua Karang Taruna Desa Ketanggung ini, aksi kemanusiaan tersebut dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus SARS-CoV-2, yang sampai saat ini masih terus menyebar ke sejumlah wilayah, tak terkecuali di Pacitan.

“Semoga wabah covid-19 yang terjadi saat ini akan teratasi dan berakhir sebelum Idul Fitri nanti,” harapnya.

Selain elemen masyarakat, aksi sosial itu juga melibatkan jajaran Polsek dan Koramil setempat. Mereka juga menerjunkan personilnya untuk membantu mengawal pasukan Banser saat berkeliling melakukan penyemprotan.

Selain melakukan penyemprotan, mereka juga mengedukasi masyarakat agar bisa terhindar dari wabah COVID-19 tersebut. Seperti misalnya cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebelum makan atau sebelum menyentuh mulut, hidung, serta mata.

Lain itu menghindari kerumunan massa (social distancing) dan menjaga jarak dalam interaksi sosial (physical distancing) serta tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan