Sejumlah Warung Makan di Pacitan Terapkan CTPS Bagi Pengunjungnya

oleh -211 views
Salah seorang pengunjung warung yang diwajibkan CTPS sebelum masuk. (Foto: Yuniardi Sutondo).

Pacitanku.com, PACITAN – Pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) memang semakin meluas. Setiap hari, warga yang terinfeksi virus yang dinamakan SARS-COV-2 tersebut terus bertambah.

Untuk itu, pemerintah getol memberikan imbauan agar masyarakat melakukan jaga jarak fisik (physical distancing) saat berinteraksi.

Tak hanya itu, pemerintah juga menekankan agar masyarakat lebih mengedepankan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebelum makan atau sebelum menyentuh mulut, hidung serta mata.

Imbauan tersebut nampaknya membuat masyarakat semakin sadar dan lebih berhati-hati, terhadap serangan virus mematikan tersebut. Sampai-sampai sebuah warung reot yang berlokasi di timur pendopo Pemkab Pacitan, menyediakan botol air dan sabun detergen untuk CTPS.

Menurut Sri, pemilik warung, semua pengunjung yang hendak masuk warung miliknya terlebih dahulu harus CTPS.

“Warung makan saya memang hanya apa adanya. Namun siapapun yang masuk ke warung, saya wajibkan CTPS dulu. Itu ada botol air dan sabun saya sediakan di depan,” ujarnya, Rabu (1/4/2020).

Lain itu, Sri juga tak henti-hentinya meminta kepada para tamu di warungnya untuk jaga jarak saat duduk makan ataupun minum.

“Saya dan keluarga selalu patuhi imbauan pemerintah, untuk jaga jarak dan CTPS. Sebab serangan COVID-19 ini memang sangat membayakan,” terang ibu tiga anak ini pada awak media.

Sementara itu, pantauan wartawan di banyak warung makan, juga menyediakan drum atau ember di pintu masuk agar para pengunjung yang datang ke warung terlebih dahulu harus melakukan CTPS.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan