Physical Distancing, Bawaslu Pacitan Gelar Rapat dengan Vidcon Bersama 12 Panwaslu

oleh -13215 views
PHYSICAL DISTANCING. Bawaslu Pacitan menggelar rapat Vidcon dengan Panwaslu di Pacitan, Sabtu (28/3/2020). (Foto: Dok Bawaslu Pacitan untuk Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pacitan menggelar rapat koordinasi dengan seluruh jajaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di seluruh kecamatan di Pacitan pada Sabtu (28/3/2020).

Kegiatan rapat koordinasi tersebut digelar dengan mekanisme video conference (Vidcon) sebagai bagian dari upaya physical distancing. Physical distancing sendiri adalah anjuran yang dicananangkan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam upaya pencegahan terhadap coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Dalam kegiatan tersebut, semua Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Pacitan bisa terhubung, tak terkecuali Kecamatan Bandar dan Nawangan yang notabene memiliki kondisi geografis di dataran tinggi.

Ketua Bawaslu Pacitan Berty Stefanus dalam siaran pers yang diterima Pacitanku.com, mengucapkan terimakasih kepada semua Panwaslu Kecamatan karena telah berhasil menggunakan aplikasi Vidcon dan tidak ada kendala mengenai jaringan.

Tak hanya itu, Berty juga mengapresiasi jajarannya, terutama bagian humas yang telah menyiapkan sehingga dapat terselenggaranya Vidcon ini.

Aplikasi Vidcon ini, menurut Berty, sangat berguna dimana saat ini pemerintah mengajurkan kita untuk mengurangi kegiatan atau forum pertemuan-pertemuan.

“Dan ini sangat mendukung program pemerintah, dimana tugas kita, rapat dan pertemuan dengan Panwaslu Kecamatan tetap bisa berjalan tanpa harus bertemu,”tandasnya.

Lebih lanjut, Berty mengatakan rapat dengan vidcon ini bobotnya sama dengan rapat tatap muka. Bahkan mereka lebih konsentrasi ketika rapat menggunakan aplikasi Vidcon ini.

“Adakalanya ketika rapat tatap muka masih ada yang berbicara sendiri akan tetapi melalui Vidcon mereka terlihat serius dan memperhatikan,”tukasnya.

Sementara, Koordinator Divisi Hukum Humas dan Hubal Bawaslu Pacitan Agus Hariyanto, berpesan bahwa Panwaslu Kecamatan tetap harus menjaga dan menguatkan soliditasnya. Serta tetap berkomunikasi dengan Panwaslu Kelurahan dan Desa.

“Berharap Panwaslu kecamatan dapat menguatkan soliditasnya sebagai pengaman dalam menghadapi kebijakan-kebijakan yang muncul, apapun kebijakan yang muncul diharapkan jangan reaktif akan tetapi lebih menyiapkan sabuk pengamannya dan mengkomunikasikan dengan sebaik-baiknya,”jelas mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini.

Agus berharap, melalui aplikasi Vidcon ini Bawaslu Pacitan ikut serta dalam membantu program pemerintah dengan cara meminimalisir pertemuan atau perkumpulan.

Disisi lain, Agus mengatakan melalui Vidcon komunikasi antara Bawaslu Pacitan dengan jajaran Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan dan Desa tetap terjalin. “Serta, Koordinasi dan rapat tetap terselenggara di tengah isu COVID-19,”pungkasnya. (Red)