Ketua Satgas Pacitan Segera Refoccusing Anggaran untuk Penanganan Covid-19

oleh -84 views

Pacitanku.com, PACITAN — Ketua satuan gugus tugas (Satgas) penanganan coronavirus disease 2019 (covid-19) Pemkab Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro, sudah memerintahkan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, guna melakukan refoccusing dan relokasi anggaran untuk penanganan coronavirus.

Adapun relokasi anggaran sesuai Inpres 4 Tahun 2020 meliputi belanja perjalanan dinas, pertemuan-pertemuan yang tidak begitu urgent dan alokasi pos belanja lain yang dipandang tidak masuk skala strategis penganggaran.

“Kita sudah koordinasikan lintas gugus tugas, untuk sesegera mungkin melakukan refoccusing dan relokasi anggaran, guna penanganan coronavirus tersebut,” ujar pria yang juga sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) itu, Kamis (26/3).

Meski sudah melakukan langkah-langkah koordinatif sebagaimana imbauan dan instruksi pemerintah pusat, akan tetapi, Heru belum bisa memberikan keterangan pos anggaran mana yang akan dilakukan relokasi untuk penanganan wabah covid-19.

“Kita masih akan cermati sesuai ketentuan yang ada. Sehingga pos mana yang akan dialihkan serta berapa jumlah anggaran yang akan dipergunakan untuk penanganan coronavirus, masih kita bahas dengan anggota TAPD lainnya,” tegas Heru.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam Inpres 4 Tahun 2020 menginstruksikan kepada gubernur, dan bupati/walikota, untuk segera refoccusing penanganan coronavirus. Selain itu, presiden juga menginstruksikan untuk melakukan relokasi anggaran.

Pesiden juga meminta agar kegiatan padat karya tunai untuk lebih dimaksimalkan. Hal tersebut bertujuan meningkatkan daya beli masyarakat ditengah bencana nasional non alam, serangan covid-19.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan