Plt Kadinkes Pacitan: Olahraga Bukanlah Salah Satu Cara Mencegah Penularan COVID-19

oleh -13197 views

Pacitanku.com, PACITAN– Olahraga memang sangat bagus untuk menjaga stamina tubuh agar tetap fit. Akan tetapi, tidak semua olahraga akan bisa menangkal tubuh dari infeksi, atau justru malah sebaliknya. Olahraga yang salah akan rentan terkena infeksi. Termasuk infeksi coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka mengatakan, jangan sekali-kali berolahraga ketika lelah. Kelelahan bisa meningkatkan risiko kena infeksi.

“Misalnya olahraga lari yang berlebihan, ini bisa meningkatkan risiko terserang penyakit. Kecuali dilakukan secara rutin dalam ritme teratur,” kata Hendra, Rabu (25/3/2020).

Olahraga yang dipaksakan, kadang tidak berdampak bagi pelakunya. Misalnya, atlet yang harus mengikuti sebuah perlombaan atau pertandingan. Mereka biasanya dipacu untuk melakukan latihan-latihan.

“Kalau memang kondisi tubuhnya fit , ya tidak ada masalah. Namun apabila kondisi tubuh tidak begitu fit, tentu juga membahayakan,” jelasnya.

Selain itu, Hendra juga berpesan, agar sebaiknya jangan berolahraga jika memiliki gejala flu. Serta jangan berolahraga ditempat yang ramai dan tertutup.

“Dan jangan berbagi minuman ataupun peralatan makan dengan orang lain. Kemudian juga jangan terlalu banyak minum, terutama saat sakit, untuk mencoba dan membuang racun atau mencegah dehidrasi. Bagi penderita hipertensi, jantung dan kelainan ginjal, minum dalam jumlah berlebihan justru akan sangat membayakan,” tukasnya.

Yang terbaik, untuk mencegah penularan COVID-19, lanjut Hendra, tetap terapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan sesering mungkin cuci tangan pakai sabun (CTPS).

“Hindari stres, hati pikiran harus senang. Insyaallah akan terhindar dari bermacam penyakit,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan