BPBD Pacitan-Relawan PSC Lakukan Aksi Siaga COVID-19 di Tempat Hajatan

oleh -13494 views
BPBD Kabupaten Pacitan bersama relawan PSC Pacitan melakukan aksi cegah COVID-19. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITANBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan bersama relawan Public Safety Center (PSC) Pacitan melakukan aksi kesiapsiagaan terhadap coronavirus disease 2019 (COVID-19) di tempat orang menyelenggarakan hajatan.

Relawan PSC tersebut terdiri dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan, Banser Tanggap Bencana (Bagana) Pacitan, Palang Merah Indonesia (PMI) Pacitan Polri dan Kodim 0801/Pacitan.

Kegiatan tersebut dilakukan di sejumlah titik di Pacitan, diantaranya di Desa Mangunharjo, Kecamatan Arjosari dan di Desa Tanjungsari, Kecamatan Pacitan pada Sabtu (21/3/2020).

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan, Aswin Rikhwa Wijaya saat dikonfirmasi Pacitanku.com mengatakan berbagai kegiatan digelar untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus yang berasal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok tersebut.

“Hari ini BPBD bersama relawan melakukan langkah antisipasi mas, diantaranya di tempat mantenan di aula Tanjungsari, kami melakukan serangkaian upaya, seperti pengecekan suhu tubuh dengan infra merah, pembagian masker, pemakaian handsanitizer, serta pemahaman tentang social distancing,”kata Aswin.

Menurut Aswin, masyarakat Pacitan antusias dan mengharapkan relawan bisa hadir di hajatan lain di Pacitan untuk menyosialisasikan peningkatan kewaspadaan terhadap COVID-19.

“Alhamdulillah, masyarakat Pacitan menerima, malahan diharapkan dapat hadir di hajatan-hajatan lain,”tandasnya.

Namun, kata Aswin, dikarenakan keterbatasan alat dan relawan, pihaknya mengimbau masyatakat bisa menghindari simpul waspada sebagai bagian dari social distancing dalam rangka kewaspadaan terhadap COVID-19.

“Namun karena keterbatasan alat dan relawan saya berharap masyarakat dapat menghindari simpul-simpul kerumunan masa,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan