Anggota DPRD Jatim Sayangkan Lomba Desa di Pacitan yang Tetap Dilaksanakan

oleh -13341 views

Pacitanku.com, PACITAN — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur Eko Prasetyo Wahyudiarto menyayangkan terus dilanjutkannya lomba desa di Kabupaten Pacitan ditengah status siaga coronavirus disease (COVID-19) yang ditetapkan di kabupaten tersebut.

Legislator Partai Demokrat (PD) ini mengatakan sangat kecil sekali meminimalisir kehadiran massa saat kegiatan dilaksanakan.

“Apa ya mungkin bisa, lomba desa kok nggak ada kegiatan seremonialnya,”kata prian yang akrab disapa Pras ini melalui aplikasi chating WhatsApp, Senin (16/3/2020).

Menurut pria yang juga putra sulung Bupati Pacitan Indartato ini, seharusnya Pemkab mengikuti imbauan gubernur untuk sementara waktu meniadakan kegiatan yang berpotensi menghadirkan massa.

“Tapi semua itu kembali ke masing-masing kabupaten/kota. Yang pasti gubernur sudah memberikan imbauan,” tegas Pras.

Sebekumnya, diberitakan, sesuai hasil rapat koordinasi lintas OPD, kegiatan lomba desa di 12 Kecamatan dan desa akan tetap dilanjutkan.

“Untuk lomba desa masih tetap dilanjutkan, dengan catatan tidak melakukan kegiatan seremonial yang berpotensi mendatangkan massa,” ujar Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo, usai menggelar rapat koordinasi lintas OPD penanganan coronavirus, Senin (16/3).

Terpisah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Sanyoto, membenarkan lomba desa akan tetap berlanjut. Sebab dari Pemprov Jatim juga tidak ada instruksi menunda atau menghentikan kegiatan lomba desa.

Hanya saja, lanjut dia, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan catatan-catatan tertentu. “Misalnya meniadakan kegiatan seremonial,” kata Sanyoto.

Menurut pejabat jebolan Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) ini, lomba desa dilaksanakan hanya wawancara antara kepala desa dengan tim penilai.

“Jadi nggak ada yang lain. Hanya wawancara, selesai,” jlentrehnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan