Wabup Pacitan Minta RSUD tak Persulit Pemberian Rujukan

oleh -13483 views
Wabup Yudi Sumbogo, saat menggelar coffee morning bersama sejumlah awak media, Jumat (13/3/2020). (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Pelayanan di RSUD dr Darsono Pacitan, terus menuai kritik. Bahkan belum lama ini, Bupati Pacitan Indartato yang terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD) harus dirujuk ke salah satu rumah sakit yang ada di DI Yogyakarta.

Fenomena tersebut, sempat membuat jagad dunia maya memanas. Banyak dari warganet yang menyampaikan kritik kepada rumah sakit. Utamanya mengenai fasilitas kemudahan bagi pejabat untuk mendapatkan rujukan. Sementara bagi masyarakat awam, terkesan dipersulit untuk meminta rujukan berobat ke luar daerah.

Dan yang memprihatinkan lagi, dirujuknya Bupati Indartato ke luar daerah, mengindikasikan ketidak percayaan dari orang nomor satu di Pemkab Pacitan itu terhadap penanganan dan pelayanan di RSUD dr Darsono Pacitan.

“Kami berharap kedepan bagaimana management rumah sakit bisa memberikan kemudahan bagi pasien yang meminta untuk dirujuk keluar daerah. Sebab bagaimanapun juga, rujukan itu hak bagi semua pasien tanpa kecuali, untuk mendapatkan penanganan atau pelayanan kesehatan diluar daerah. Mohon jangan dipersulit,” kata Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo, Jumat (13/3/2020) di Pacitan.

Tak hanya itu, Wabup Yudi juga meminta agar rumah sakit lebih selektif lagi dalam mendiagnosis pasien. Sebab belakangan ini banyak menguar kabar, konon ada sejumlah pasien yang akhirnya dirujuk keluar daerah dan hasil diagnosisnya tidak sama.

Bahkan juga tak sedikit yang meninggal dunia lantaran keterlambatan penanganan. Bukan hanya itu, Wabup Yudi juga meminta ketika hari Sabtu dan Ahad, diharapkan harus ada dokter piket. Diakuinya selama ini banyak keluhan masyarakat, ketika sakit pada hari Sabtu dan Ahad atau tanggal merah, jangan harap dapat penanganan dokter di rumah sakit.

“Ini preseden kurang baik. Karena itu perlu diperhatikan dan dibenahi. Sehingga kepercayaan masyarakat Pacitan untuk berobat ke RSUD kembali pulih,” tuturnya.

Sementara itu, pihak RSUD dr Darsono Pacitan belum bisa dikonfirmasi. Kamis kemarin media mencoba menghubungi Kasi Informasi RSUD dr Darsono Pacitan, Suyatmi, namun yang bersangkutan meminta wartawan untuk berkomunikasi dengan Kabid Pelayanan, Daru Mustiko Aji, dengan alasan tidak memahami informasi yang diminta pewarta.

Akan tetapi, saat diminta nomor nara hubung dari Kabid Pelayanan, tidak diberikan. Dengan alasan harus minta izin terlebih dahulu.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan