Ini Klarifikasi Keluarga PDP yang Dirujuk ke RSUD dr Iskak Tulungagung

oleh -13601 views
RSUD dr Darsono Pacitan. (Foto: Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Setelah ramai diberitakan tentang adanya pasien dalam pengawasan (PDP) coronavirus disease 2019 (COVID-19) pada Jumat (13/3/2020), keluarga dari Ny X (44) angkat bicara untuk mengklarifikasi kondisi dari pasien.

Ny X yang merupakan Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang bekerja di Hongkong sempat dirawat di ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Darsono Pacitan.

Dikonfirmasi melalui telepon seluler, keluarga pasien dengan inisial BD yang juga anak pasien tersebut menjelaskan bahwa pasien dahulu punya sejarah sakit flek paru paru.

BD mengatakan ketika berada di Hongkong, Ny X juga sempat sakit dan sembuh.

“Setelah baca berita saya langsung sedih juga. Ibu saya pulang dari Hongkong Pada tanggal 2 Maret 2020 lalu, dan memang ibu punya flek paru paru sejak lama. Lha ini muncul berita ibu saya dalam pengawasan karena diduga terpapar corona,”kata BD, Jumat (13/3/2020).

Baca juga: Seorang Pasien asal Pringkuku Dirawat di Ruang Isolasi RSUD dr Darsono Pacitan

Lebih lanjut, BD mengatakan dirinya berharap kabar yang beredar mengenai dugaan terpapar yang menimpa keluarganya tersebut tidak benar. “Ya semoga itu tidak benar. Yang jelas ibu saya punya sejarah sakit flek paru paru. Itu saja,”katanya.

BD sendiri belum bisa memberi keterangan lebih lanjut karena sedang bekerja di Kota Surabaya.

Diberitakan, usai menempati ruang isolasi dan dilakukan observasi di RSUD dr Darsono, pasien berjenis kelamin perempuan tersebut dirujuk ke RSUD dr Iskak Tulungagung. Pasien berusia 44 tahun itu merupakan PDP yang pertama di Pacitan. 

RSUD dr Darsono Pacitan telah menyiapkan ambulans khusus untuk mengantarkan pasien ke RSUD dr Iskak Tulungagung. Selain ambulans khusus, petugas pendamping pasien dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD).

Pewarta: Julian Tondo/Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan