Ketua DPRD Apresiasi Pelatihan Tanggap Darurat Bencana di Pacitan

oleh -13230 views

Pacitanku.com, PACITAN — Pelatihan Relawan kedaruratan bencana Alam yang difasilitasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan ternyata menuai apresiasi Ketua DPRD Pacitan, Indrata Nur Bayuaji atau dikenal Mas Aji.

“Bagi saya ini merupakan bentuk kesiapan yang luar biasa, kedepan kalau bisa bukan hanya di tingkat Kabupaten Pacitan saja, kalau bisa semua kecamatan,”kata Aji saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Senin (2/3/2020) di Pacitan.

Lebih lanjut, Aji berharap kesejahteraan para relawan kebencanaan tersebut bisa terjamin.

“Saya juga berharap, karena pak bupati sudah memulai maka kami di DPRD akan mengupayakan bagaimana kesejahteraan relawan bencana ini terjamin pula,” tandasnya.

Secara khusus, Aji berpesan agar para relawan tetap semangat untuk menjadi yang terdepan dalam penanggulangan bencana.

Indrata Nur Bayuaji. (Foto: Yuniardi Sutondo)

“Karena kita (relawan, red) tidak memikirkan diri sendiri tapi juga orang lain dan Allah SWT,”pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, selama dua hari, para relawan kebencanaan tersebut digembleng ilmu terkait kebencanaan. Pelatihan tersebut digelar sejak Sabtu (29/2/2020) hingga Ahad (1/3/2020) di wisma atlet dan pelabuhan Tamperan Pacitan.

Adapun materinya adalah kluster water rescue, kluster medicine rescue dan kluster vertical rescue.

Pelatihan yang diikuti 150 peserta dari berbagai unsur ini digelar di dua tempat, yakni kawasan wisma atlet dan di kawasan pelabuhan Tamperan, yang dikhususkan untuk materi water rescue.

Adapun peserta pelatihan kedaruratan yang diikuti 150 peserta ini berasal dari berbagai elemen.

Adapun elemen yang menjadi peserta berasal dari unsur TNI, Polri, Dinas Sosial, satpol PP, PMI, kelompok dan lembaga relawan, kelompok radio komunikasi dan dunia usaha.

Pewarta: Putro Primanto
Penyunting: Dwi Purnawan