Relawan Kebencanaan Pacitan Digembleng Ilmu Water Rescue Hingga Vertical Rescue

oleh -13389 views

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas untuk tim kedaruratan bencana, Sabtu (29/2/2020) hingga Ahad (1/3/2020) di kawasan wisma atlet Pacitan dan di pelabuhan Pacitan.

Pada hari kedua pelatihan, para relawan digembleng pembekalan materi diantaranya materi water rescue. Materi ini adalah tanggap darurat bencana di perairan.

Selain materi water rescue, peserta juga mendapatkan materi medicine rescue dan vertical rescue.

“Kami dari relawan PMI mengapresisasi apa yang dilakukan hari ini harapannya kedepan ada tindak lanjut,”kata Heru, salah satu relawan PMI Pacitan.

Senada dengan Heru, salah satu relawan dari Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Pacitan, Hendrik merasa senang dengan kegiatan pelatihan tersebut.

“Saya pribadi sangat bangga mas, kita dilatih untuk siap siaga dalam menangani berbagai bencana,” katanya.

Sementara, Azar relawan dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Pacitan menyebut banyak ilmu baru yang didapatkan.

“Dua hari ini bagi saya luar biasa, ada bnyak materi yang diberikan pelatih, apalagi bagi saya di water rescue banyak ilmu baru yang saya dapat,” katanya.

Sebelumnya, Kepala sie Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan Aswin Rikha Wijaya mengatakan tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, dunia usaha dan pemerintah, agar mereka nantinya tidak gagap jika bencana datang.

“Kami saat ini menggelar pelatihan kedaruratan kebencanaan, yang dibagi menjadi tiga kluster, yaitu vertical rescue, water rescue dan kluster kesehatan,”kata Aswin, Sabtu (29/2/2020).

Aswin mengatakan peserta pelatihan kedaruratan yang diikuti 150 peserta ini berasal dari berbagai elemen.

Adapun elemen yang menjadi peserta berasal dari unsur TNI, Polri, Dinas Sosial, satpol PP, PMI, kelompok dan lembaga relawan, kelompok radio komunikasi dan dunia usaha.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut dari unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Pacitan.

Pewarta: Putri Primanto
Penyunting: Dwi Purnawan