BPBD Pacitan Gelar Pelatihan Tim Kedaruratan Bencana

oleh -13346 views

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas untuk tim kedaruratan bencana, Sabtu (29/2/2020) hingga Ahad (1/3/2020) di kawasan wisma atlet Pacitan.

Kepala sie Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan Aswin Rikha Wijaya mengatakan tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, dunia usaha dan pemerintah, agar mereka nantinya tidak gagap jika bencana datang.

“Kami saat ini menggelar pelatihan kedaruratan kebencanaan, yang dibagi menjadi tiga kluster, yaitu vertical rescue, water rescue dan kluster kesehatan,”kata Aswin, Sabtu (29/2/2020).

Aswin mengatakan peserta pelatihan kedaruratan yang diikuti 150 peserta ini berasal dari berbagai elemen.

Adapun elemen yang menjadi peserta berasal dari unsur TNI, Polri, Dinas Sosial, satpol PP, PMI, kelompok dan lembaga relawan, kelompok radio komunikasi dan dunia usaha.

Sementara, Kepala pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo mengatakan pelatihan ini diadakan selama dua hari dengan mengambil trainer dari Basarnas.

Didik berharap semua peserta yang ikut latihan ini nantinya akan menjadi tim kedaruratan yang siap siaga.

“Dan saya ucapkan terima kasih juga kepada peserta, perwakilan kelompok relawan atas partisipasi ya. Ini adalah awal. Kami akan terus melakukan peningkatan kapasitas agar semua pihak paham apa yang dilakukan saat bencana terjadi,”pungkasnya.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut dari unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Pacitan.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan