Jalur Pacitan-Ponorogo KM226 Belum Bisa Dilalui Kendaraan Berat

oleh -366 views
Jalur amblas di kawasan Wates, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo

Pacitanku.com, PACITAN – Kasie Rekayasa Lalu-lintas Angkutan Orang dan Barang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pacitan, Agus Winarno, mengatakan, jalur amblas di kilometer 226, Desa Wates, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, sudah bisa dilalui kendaraan.

Namun begitu, ia mengingatkan agar para pengendara tetap waspada. Mengingat kondisi badan jalan belum stabil.

“Dimungkinkan masih bisa terjadi ambles lagi. Untuk itu para pengendara yang melintas di jalur tersebut untuk lebih berhati-hati dan selalu waspada,” ujarnya, Selasa (25/2/2020).

Menurut Agus, sekalipun jalur tersebut sudah bisa dilalui kendaraan, akan tetapi untuk kendaraan berat masih belum bisa melintas.

“Sebab kondisi badan jalan masih belum stabil. Kalau bus sudah bisa melintas. Hanya kendaraan berat yang sementara waktu ini, belum diperbolehkan,” tegasnya.

Kapan jalur tersebut bisa normal kembali? Agus menegaskan, itu kewenangan UPT Pembangunan Jalan dan Jembatan (PJJ) wilayah Ponorogo. “Sebab titik longsor ada di wilayah Kabupaten Ponorogo,” ujarnya.

Sementara itu, Kasie PJJ UPT PJJ Dinas PU dan Binamarga Pemprov Jatim wilayah Pacitan Budi Hari Santoso belum bisa dikonfirmasi. Sebab ponsel yang bersangkutan tidak aktif.

Baca juga: Jalur Pacitan-Ponorogo KM 226 akan Bisa Dilalui Dua Lajur dalam 10 Hari Kedepan

Sebelumnya pada Sabtu (22/2/2020) lalu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jawa Timur Gatot Sulistyo Hadi melakukan lakukan sidak ke lokasi amblasnya jalan Ponorogo-Pacitan tersebut.

Dalam sidak ini Kepala Dinas PU Bina Marga didampingi oleh Kepala UPT PJJ Madiun Marijatoel Kittijah dan jajaran UPT PJJ Madiun.

Setelah melihat langsung lokasi dan keterangan yang disampaikan oleh pihak UPT, maka kepala dinas menyampaikan bahwa pekerjaan untuk normalisasi badan jalan akan terus dilakukan serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait akan tetap dilaksanakan.

Baca juga: Hujan Deras, Badan Jalan Perbatasan Pacitan-Ponorogo Amblas

Saat ini, koordinasi terus dilakukan dengan pihak Perhutani dimana dalam pekerjaan ini harus melakukan pengeprasan tebing, ini dilakukan karena untuk melakukan pelebaran jalan harus menggunakan median jalan dan beberapa tebing harus dilakukan pengeprasan.

Sebelumnya diberitakan di Pacitanku.com, peristiwa tanah amblas tersebut terjadi pada Kamis (20/2/2020) dini hari WIB. Sebuah lubang menganga membuat jalur tersebut berbahaya untuk dilewati mengingat kondisi hujan masih terjadi.

Titik lokasi badan jalan amblas tersebut terletakdi KM226,Desa Wates, Kecamatan Slahung Ponorogo, atau di utara perbatasan Pacitan – Ponorogo.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan