Didampingi AHY, SBY Gladi Bersih Groundbreaking Pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI

oleh -13758 views

Pacitanku.com, PACITAN – Malam kedua kunjungannya ke Pacitan, Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melaksanakan geladi resik kesiapan ground breaking pembangunan museum dan galeri seni SBY-ANI di sepanjang jalur lintas selatan (JLS).

Akses jalan diseputaran JLS dilakukan penjagaan ketat oleh sejumlah petugas dari TNI/Polri. Begitupun jalan darurat menuju kawasan museum diseterilkan. Meski, lalu-lalang kendaraan masih berlangsung.

Kabag Humas dan Protokol Setkab Pacitan, Herman mengatakan, saat ini SBY bersama tim dari Cikeas tengah melakukan geladi bersih persiapan prosesi ground breaking pembangunan museum dan galeri SBY-Ani, yang hendak dilaksanakan Sabtu (22/2) besok.

“Agendanya hanya geladi bersih. Setelah ini kami masih menunggu arahan lebih lanjut,” kata Herman saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Jumat (21/2) petang.

Herman mengatakan, kegiatan tersebut dihadiri putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan putrinya Aira, Bupati Pacitan Indartato beserta istri, Wabup Pacitan Yudi Sumbogo berserta istri dan Sekkab Pacitan Heru Wiwoho Supadi Putro, bersama istri.

“Hadir juga unsur Forkominda Pacitan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Herman juga mengatakan, kalau sejumlah mantan anggota Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) di masa pemerintahan SBY, dijadwalkan hadir pada acara ground breaking pembangunan museum dan galeri seni SBY-ANI, besok pagi.

Direncanakan, pada Sabtu (22/2/2020), SBY akan menghadiri groundbreaking museum SBY-ANI di Kelurahan Sidoharjo, Pacitan. Groundbreaking tersebut rencananya akan dihadiri oleh keluarga, mantan pejabat pemerintah, hingga menteri & wakil menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB). Tercatat, ada 27 anggota KIB yang dijadwalkan hadir di Pacitan.

Museum dan Galeri Seni SBY-ANI rencananya berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Pacitan. Bangunan ini akan dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektar. Sementara bangunan total museum dan galeri seni keseluruhan sekitar 7.500 meter persegi.

Konsep bangunan merupakan gabungan bagian Museum Kepresidenan SBY dan Galeri Seni Ani Yudhoyono. Bangunan museum tersebut akan dibagi menjadi 20 tema besar yang akan menampilkan keunikan dan ciri khas berbeda di tiap temanya. Setiap tema akan bercerita sejak SBY lahir dan besar di Pacitan.

Kemudian, menempuh pendidikan militer di Akabri, menjalani berbagai pendidikan dan penugasan militer, hingga pernah menjadi menteri. Yang tak kalah menarik, pengalaman SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat ini kala ikut berkompetisi dan terpilih di Pilpres 2004.

Ada pula sisi museum yang bersifat tematis berisi pernik 10 tahun masa pemerintahan SBY yang sarat dengan pengetahuan dan wawasan serta beberapa tema humanis seperti keluarga SBY dan perpustakaan pribadi.

Konsepnya adalah ada bangunan yang merupakan bagian Museum Kepresidenan SBY dan ada pula bagian Galeri Seni Ani Yudhoyono, sehingga rencananya dinamakan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan