Pendaftar Calon PPKD Pilbup Pacitan 2020 Belum Penuhi Kuota

oleh -13441 views
Ketua Bawaslu Kabupaten Pacitan, Berty Stefanus HRW, SH. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Dua hari menjelang masa penutupan pendaftaran, jumlah pendaftar calon petugas pengawas kelurahan/desa (PPKD) di Pilbup Pacitan 2020, masih belum memenuhi kuota.

Ketua Bawaslu Pacitan, Berty Stevanus mengatakan, tahapan pendaftaran calon anggota PPKD ini dimulai dari tanggal 16 Februari hingga 22 Februari 2020.

“Kuota pendaftar ditetapkan dua kali dari jumlah kebutuhan. Untuk PPKD setiap desa dan kelurahan masing-masing satu orang. Sehingga untuk memenuhi kuota, minimal dibutuhkan sebanyak 342 pendaftar. Sebab jumlah desa dan kelurahan di Pacitan tercatat sebanyak 166 desa dan 5 kelurahan,” katanya, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Kamis (20/2/2020).

Sementara itu hingga pukul 16.00 Wib, Rabu (19/2) kemarin, jumlah pendaftar calon badan adhoc tersebut tercatat sebanyak 145 orang. Dengan rincian perempuan sebanyak 44 orang dan pendaftar laki-laki sebanyak 101 orang.

“Untuk hari ini, kita masih menunggu sampai pukul 16.00 WIB nanti,” imbuhnya.

Berty mengungkapkan, apabila sampai batas akhir masa pendaftaran belum terpenuhi kuota, Bawaslu akan melakukan perpanjangan masa pendaftaran mulai tanggal 23 hingga 27 Februari.

“Kita akan buka kembali pendaftaran calon PPKD khusus untuk desa atau kelurahan yang belum memenuhi kuota pendaftar,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan