Prosesi Kirab Agung Hari Jadi Pacitan ke- 275 Terbuka Bagi Masyarakat Luas

oleh -621 views
Kirab budaya hajatan. (Foto: Humas Pemkab)

Pacitanku.com, PACITAN – Gaung kemeriahan perayaan hari jadi Kabupaten Pacitan ke-275, semakin terasa. Berbagai agenda kegiatan yang melibatkan semua unsur organisasi perangkat daerah (OPD), pelajar, mahasiswa, maupun kelompok organisasi massa, terus digeber dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kabupaten berjuluk Kota 1001 Goa tersebut.

Ketua Seksi Prosesi, hari jadi Pacitan ke-275, Daryono mengatakan, puncak perayaan hari ulang tahun Pacitan akan dilaksanakan Rabu (19/2) besok. Kegiatan tersebut ditandai dengan Kirab agung yang melibatkan bupati dan wakil bupati, jajaran OPD, dan juga unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda).

“Prosesi kirab agung tersebut merupakan agenda pokok yang dilaksanakan setiap memperingati hari jadi Pacitan. Kita pernah tidak melaksanakan, yaitu pada tahun 2018 lantaran saat itu Pacitan masih berkabung usai dilanda bencana alam banjir bandang dipenghujung Tahun 2017 lalu,” kata Daryono, usai melakukan ziarah ke makam para Bupati Pacitan terdahulu, Selasa (18/2).

Daryono

Ada yang berbeda, pada tahapan prosesi kirab agung nanti. Yaitu keterlibatan masyarakat luas untuk menyaksikan.

“Pemkab membuka agenda kirab agung itu untuk masyarakat luas. Memang ini hari jadinya Pacitan. Untuk itu kebahagiaan juga harus dirasakan seluruh komponen masyarakat tidak terkecuali,” tandas Daryono yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pacitan ini.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan