Indartato Apresiasi Pengumpulan Dana BAZ Lebihi Target

oleh -13649 views
Penyaluran dana zakat profesi dan infaq ini dilakukan bupati Indartato dalam acara Istighotsah dan doa bersama yang dirangkaikan dengan pentasharufan dana BAZ di pendopo Kabupaten. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Ratusan fakir miskin, anak yatim piatu, para dhuafa serta guru ngaji TPQ/TPA dan abang becak di Pacitan mendapatkan santunan dari Badan Amil Zakat Baznas Pacitan.

Penyaluran dana zakat profesi dan infaq ini dilakukan bupati Indartato dalam acara Istighotsah dan doa bersama yang dirangkaikan dengan pentasharufan dana BAZ di pendopo Kabupaten, Senin (17/02).

“Terima kasih kepada pak Sekda, Kepala OPD dan para ASN yang telah mempercayakan zakat profesi dan infaqnya kepada Baznas Pacitan,”kata Indartato.

Semakin besar pengumpulan zakat profesi dan infaq tandas bupati, akan terbuka peluang membantu saudara lain yang membutuhkan. Apalagi potensi zakat profesi dan infaq di Pacitan ini cukup besar.

Sesuai data Baznas Pacitan, sepanjang tahun 2019 dana yang terkumpul mencapai Rp.3.296.939.110 atau meningkat 27,14 persen dibanding penerimaan tahun 2018 sebesar Rp.2.593.115.400.

“Pengumpulan zakat dan infaq 2019 melampaui target yang dibebankan ini membuktikan kesadaran masyarakat terutama para ASN sangat besar,” terang Ketua Baznas Pacitan KH Sodiq Suja’.

Atas prestasi tersebut Baznas Pacitan masuk jajaran 5 besar di Jawa Timur. Tidak hanya itu, secara kelembagaan Baznas Pacitan juga berhasil mendapat predikat penilaian A dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jawa Timur. Penilaian tersebut merupakan audit terkait kepatuhan syariat lembaga pengumpul zakat dalam proses pengumpul dana hingga pendistribusian.

Bupati secara simbolis menyerahkan Santunan kepada 150 abang becak senilai Rp.150 ribu/orang, 425 fakir miskin anak yatim dan guru ngaji TPQ/TPA masing masing Rp.200 ribu serta 2 orang mualaf masing masing Rp.500 ribu. Diserahkan pula dana hibah bergulir kepada usaha mikro sebanyak 30 orang masing masing senilai Rp.2,5 juta.

Baznas Pacitan juga memberikan penghargaan kepada pengumpul zakat profesi dan infaq kategori terbanyak kepada Dinas Pendidikan, kategori pengumpulan zakat profesi dan infaq teraktif kepada RSUD Pacitan, kategori rasio pengumpul zakat terbanyak untuk Sekretariat Daerah serta kategori peningkatan terbaik diberikan kepada Kementerian Agama Pacitan.

Sumber: Humas Pemkab Pacitan