Aji: Demokrat Merekomendasikan Kader Sebagai Cabup Pacitan

oleh -13647 views

Pacitanku.com, PACITAN — Bendahara Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Pacitan Indrata Nur Bayu Aji memastikan Partai Demokrat lebih mengutamakan kader untuk dibesut sebagai calon bupati ataupun wakil bupati di Pilbup 2020 nantinya.

Pria yang akrab disapa Aji ini menegaskan, kepastian mengutamakan kader internal itu ia peroleh sehari setelah penutupan tahapan penjaringan calon bupati dan wakil bupati di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Pacitan, Rabu (12/2/2020) kemarin.

“Kepastiannya seperti itu, kalau Demokrat akan mengambil kader yang akan dibesut menjadi calon bupati dan wakil bupati nantinya,” ujar Aji saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Kamis (13/2/2020).

Perlu diketahui, dari 14 bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran calon di tim panjaringan DPC PD Pacitan, hanya tiga nama yang merupakan kader internal partai berlambang Bintang Mercy tersebut. Satu diantaranya, Indrata Nur Bayu Aji, Bendahara DPC PD dan sekaligus menjabat sebagai Ketua DPRD Pacitan.

Kemudian Ronny Wahyono, Sekretaris DPC PD, dan saat ini juga masih menjabat sebagai Ketua Fraksi PD DPRD Pacitan, dan yang terakhir adalah Yudi Sumbogo, Wakil Bupati Pacitan definitif. Ketiganya memang kader pilihan, yang sama-sama punya posisi strategis baik di parlemen ataupun di eksekutif.

Lebih lanjut Aji mengatakan, Demokrat memang sangat menjunjung tinggi asas keadilan dan demokratis.

Karena itu, dalam proses penjaringan lalu, banyak tokoh diluar kader yang punya kesempatan mendaftar. Jumlahnya ada 11 orang. Mereka berangkat dari berbagai latar. Baik politisi, pengusaha ataupun dari unsur kepala desa.

“Itu hak politik mereka untuk ikut ambil bagian sebagai pendaftar calon bupati. Akan tetapi Demokrat juga punya otoritas untuk menentukan siapa yang akan diberikan rekomendasi. Meski kami akan lebih mengutamakan kader internal,” tegas keponakan Presiden ke-enam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

Saat disinggung, kapan rencana mengembalikan formulir pendaftaran ke tim penjaringan, Aji menegaskan, akan mengambil kesempatan di detik-detik terakhir. Sebab saat ini, memang masih banyak persyaratan yang harus ia lengkapi.

“Mungkin bulan depan, diujung waktu saya akan menyampaikan kembali formulir pendaftaran calon,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan