Meski Sudah Siapkan Tokoh di Pilbup, PKB Pacitan Masih Tunggu Sinyal Kutub Politik

oleh -13565 views
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pacitan menggelar konsolidasi dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU). (Foto: Rojihan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN — Jajaran kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pacitan, sejauh ini belum ambil sikap politik di Pilbup 2020.

Meksi sudah ada lima bakal calon bupati yang mengambil formulir pendaftaran sebagai calon bupati di DPC Partai Demokrat (PD) Pacitan, namun partai yang kelahirannya dibidani presiden ke empat RI, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu, masih wait and see.

Ketua DPC PKB Kabupaten Pacitan, Fibi Iriawan, menyatakan pihaknya menunggu instruksi pusat. Menurut dia, segala kemungkinan masih bisa saja terjadi.

“Apakah kita (PKB) mau mengusung pasangan calon sendiri dengan berkoalisi atau mendukung bakal calon yang sudah ada, itu nanti setelah ada instruksi dari pusat,” kata Fibi saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Sabtu (8/2).

Namun begitu, sebagai parpol pemilik lima kursi di DPRD Pacitan, lanjut dia, PKB punya nilai tawar untuk mengajukan calon wakil bupati.

“Tokoh yang kita persiapkan sudah ada. Namun sementara waktu ini, belum kita publish,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fibi menegaskan, saat ini PKB masih menunggu sinyal “kutub” politik yang akan dipancarkan masing-masing parpol, apakah itu Demokrat, Golkar atau PDIP.

Sebab sampai detik ini, Demokrat belum membuka kutub politik untuk berkoalisi atau tidak. Begitupun dengan Golkar dan PDIP.

“Jadi segala kemungkinan masih saja terjadi. Bisa PKB nanti mendukung bakal calon yang sudah mengemuka, atau PKB akan melakukan rivalitas dengan membesut pasangan calon lainnya,”jelas pria yang juga Wakil Ketua DPRD Pacitan ini.

Menurut Fibi, dengan mendaftarnya Gagarin melalui Partai Demokrat pada Sabtu (8/2/2020), bisa saja sejumlah calon lain juga akan ikut mendaftar.

“Bisa jadi besok Pak Eko (Eko Setyo Ranu, Ketua DPC PDIP Pacitan) juga akan mendaftar. Atau bisa juga Pak Effendi Budi Wirawan (Ketua DPD Partai Golkar Pacitan) akan maju mencalonkan diri,” tuturnya diplomatis.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan