Blangko KTP Elektronik Kosong di Pacitan Kembali Menipis

oleh -13676 views

Pacitanku.com, PACITAN — Ketersediaan blangko KTP elektronik kosong di Pacitan, kembali menipis. Kabar terakhir, kepingan KTP berbasis iris mata dan sidik jari itu tinggal menyisakan 1.000 keping.

“Hari ini tadi sampai tutup jam pelayanan, tinggal menyisakan seribuan keping KTP elektronik kosong,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pacitan, Supardiyanto, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Jumat (7/2/2020).

Guna memberikan kelancaran pelayanan masyarakat yang hendak mengurus KTP, lanjut dia, pekan depan pihaknya akan kembali melayangkan surat ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk meminta tambahan blangko.

“Kita akan usulkan 20 ribu kepingan lagi. Namun berapa yang akan di setujui, ya kita juga belum bisa memastikan,” imbuh mantan Kepala Satpol PP ini.

Menurut Supardiyanto, belum lama ini Kemendagri memang sudah memberikan tambahan kepingan KTP elektronik kosong sebanyak 11 ribu.

Dari jumlah tersebut sudah bisa menuntaskan jumlah pemohon KTP yang sudah print ready record (PRR). Namun diakuinya, untuk pemohon KTP pemegang surat keterangan (suket), saat ini masih terdapat sekitar 19 ribuan orang yang belum terkonfersi dengan kepingan KTP elektronik.

“Kurang lebih ya sekitar 19 ribuan. Oleh sebab itu, kita mengajukan tambahan sebanyak 20 ribuan,” tandasnya.

Sementara itu, perlu diketahui bahwa jumlah penduduk di Pacitan tercatat sebanyak 594.757 jiwa. Dengan perbandingan penduduk laki- laki sebanyak 299.157 jiwa dan penduduk perempuan sebanyak 295.600 jiwa.

Dari jumlah tersebut wajib KTP tercatat sebanyak 476.718 jiwa. Sudah melakukan perekaman biometrik sebanyak 466.905 jiwa dan belum perekaman sebayak 9.813 jiwa. Yang belum memiliki KTP namun sudah perekaman sebanyak 4.409 jiwa dan cetak suket sebanyak 12.884 jiwa.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan