Demokrat Harus Kedepankan Kader Sebagai Cabup Pacitan

oleh -13596 views

Pacitanku.com, PACITAN –  Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat (PD) Jatim, Sugiri Sancoko, kembali menegaskan, kader partai yang akan punya peluang besar untuk ditetapkan sebagai calon bupati di Pilbup 2020 di Pacitan.

“Memang ada peluang bagi non kader yang hendak mendaftar sebagai calon bupati. Akan tetapi imbauan dari DPP PD, kalau Partai Demokrat tetap mengutamakan kader yang akan diberikan rekomendasi pencalonan,” kata Sugiri, melalui ponselnya, Rabu (5/2/2020).

Menurut mantan anggota DPRD Provinsi Jatim tersebut, Partai Demokrat akan lebih memperhatikan sejarah perjuangan kadernya yang selama ini sudah berdarah-darah dalam membesarkan partai.

Meski tidak ditampiknya, kalau Demokrat sangat menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dalam proses penjaringan calon nantinya.

“Akan tetapi kader yang lebih diutamakan. Silakan kalau ada bakal calon diluar kader yang hendak mendaftar, pintu terbuka lebar. Sebab Demokrat sangat menjunjung tinggi demokrasi. Namun sekali lagi, ya jangan kecewa bila nantinya surat rekomendasi turun ke kader,” jelasnya.

Sikap politik Partai Demokrat itu, bukannya tanpa alasan. Sebab selama ini banyak fenomena, dimana parpol hanya dijadikan sarana atau kendaraan menuju sebuah tahta kekuasaan.

“Namun setelah ambisi pribadi atau kelompok tersebut tercapai, mereka lupa dan mengabaikan kendaraan politik yang digunakan menuju kursi kekuasaan. Ini yang harus kita antisipasi, agar Demokrat tidak kecolongan ketika merekomendasikan calon diluar kader,” tutur mantan Calon Bupati Ponorogo di Pilbup Ponorogo tahun 2015 lalu tersebut.

Lebih lanjut Sugiri menegaskan, agar pernyataan persnya ini tidak membuat ketersinggungan dari bakal calon diluar kader.

“Silakan kalau memang hendak fastabiqul Khoirot dengan Demokrat, kami sangat terbuka. Tapi jangan kecewa seandainya tidak mendapatkan rekomendasi,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan