Pemkab Pacitan Gelar Serap Aspirasi Konsultasi Publik

oleh -13335 views
KONSULTASI PUBLIK. Pemkab Pacitan menggelar konsultasi publik soal RKPD. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah kabupaten Pacitan menggelar Konsultasi publik dalam rangka penyusunan rancangan awal RKPD Kabupaten Pacitan tahun 2021. Kegiatan ini merupakan bentuk komunikasi dua arah untuk menampung aspirasi masyarakat.

“Konsultasi publik menjadi salah satu cara untuk mengkritisi perencanaan yang ada, untuk itu keterlibatan serta komitmen semua pihak sangat dibutuhkan,”kata Bupati Pacitan Indartato, seperti dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Indartato berharap, melalui konsultasi publik ini akan muncul masukan ataupun usulan yang membangun.Tidak hanya dari para pemangku kebijakan namun juga beberapa unsur serta kelompok masyarakat. Termasuk, mereka yang tergolong marjinal seperti penyandang disabilitas.

Sesuai tema yakni pertumbuhan ekonomi dan penanganan kemiskinan melalui pembangunan sektor unggulan daerah yang berkelanjutan, konsultasi publik ini juga banyak mengangkat isu penanganan kemiskinan.

Pemkab sendiri mengusung target dalam RKPD 2021 nanti pertumbuhan ekonomi dapat meningkat hingga 5,82 persen. Sedangkan angka kemiskinan turun hingga 12,85 persen.

“Salah satu indikator keberhasilan pembangunan jika laju pertumbuhan ekonomi meningkat dan kemiskinan turun” terang Pamuji, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pacitan.

Melalui ruang Konsultasi ini lanjut Pamuji, pihaknya akan mengetahui jika ada kekuarangan atau masukan yang belum tertampung dalam perencanaan. Ini sekaligus untuk membangun keterpaduan antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam kebijakan pembangunan 2021 Kabupaten Pacitan memprioritaskan bebarapa hal. Antara lain, Layanan pendidikan, kesehatan dan layanan publik berbasis IT, ketahanan pangan dan penanggulangan kemiskinan serta pengembangan sektor unggulan dan daya saing ekonomi.

Selain itu juga pembangunan infrastruktur dasar dan pendukung sektor unggulan serta peningkatan kualitas kehidupan sosial kemasyarakatan.

Sumber: Humas Pemkab Pacitan
Penyunting: Dwi Purnawan