Tak Ada Salahnya Demokrat Usung Cabup-cawabup Pacitan Diluar Kader

oleh -13829 views
Kampanye Partai Demokrat di Pacitan. (Foto : Fajar Bachroni/Pacitanku)
Kampanye Partai Demokrat di Pacitan. (Foto : Fajar Bachroni/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN — Nama Gagarin, bakal calon bupati (Bacabup) Pacitan, mulai disebut-sebut sejumlah elit Partai Demokrat dalam percaturan perebutan kursi AE 1 (sebutan Bupati Pacitan, Red) di Pilbup 2020 mendatang.

Salah satunya, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat, Jatim, Sugiri Sancoko. Menurutnya, Gagarin dinilai sebagai figur yang sudah matang dan memiliki pengalaman cukup lumayan di dunia politik lokal.

“Harus diakui secara personalitinya, Gagarin memang punya pengalaman di dunia politik cukup lumayan. Dan itu ia rintis sangat panjang tak serta merta bisa seperti itu. Ini yang mendasari kami mengapa mempunyai penilaian kalau Gagarin memang punya kans lebih seandainya tetap maju di Pilbup 2020,” kata Sugiri, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Sabtu (1/2/2020).

Menyikapi hal tersebut, Sugiri meminta agar semua pihak lebih mengedepankan pemikiran kedepan demi kemajuan daerah. Baik internal Demokrat sendiri ataupun parpol lain yang nantinya juga akan mengusung pasangan calon.

Sugiri Sancoko.

“Demokrat memang lebih mengutamakan kader. Akan tetapi tidak ada salahnya kalaupun ada figur diluar kader yang dipandang mumpuni untuk bisa ditampilkan di pentas pilkada mendatang,” jelas politisi yang juga seorang budayawan ini.

Apakah itu pertanda kalau Gagarin akan dibesut Demokrat di Pilbup mendatang? Sugiri menegaskan, segala kemungkinan bisa saja terjadi.

Namun ditegaskannya, yang paling utama harus dilandasi ketulusan. Sebab menjadi seorang bupati tak sekedar memikirkan partai pengusungnya atau sekelompok pihak pendukung. Akan tetapi bagaimana bisa menjadikan daerah lebih maju lagi dari kepemimpinan sebelumnya.

“Kalau memang Gagarin hendak masuk lewat Demokrat, ya nggak ada salahnya. Itu hak politik setiap calon bukan? Namun pesan saya, harus dilandasi ketulusan. Tanggalkan semua ego sektoral. Baik ego kepartaian, ego primordial, maupun ego romantisme. Yang terpenting bagaimana berfikir untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat, serta mampu menterjemahkan pikiran -pikiran Pak SBY dalam hal kesejahateraan rakyat,” pesannya.

Sementara itu, Gagarin belum bisa memberikan banyak keterangan. Saat dikonfirmasi melalui ponselnya, politisi yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Pacitan tersebut, tengah melakukan kunjungan ke banyak simpul masyarakat.

“Maaf saya masih ada kegiatan dengan masyarakat,” ujarnya diujung telepon.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan