Dua OPD Pemkab Pacitan Bakal Naik Tipe, Enam Lainnya Alami Perubahan Nomenklatur

oleh -146 views
Ketua Panitia Khusus (Pansus) II DPRD setempat, Arif Setya Budi

Pacitanku.com, PACITAN – Dua organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Pacitan, yakni Dinas Kesehatan dan Sekretariat DPRD, bakal naik kelas. Yang semula hanya bertipe B, tak lama lagi OPD setara dinas/badan tersebut bakal menjadi tipe A.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Pacitan, Arif Setya Budi, mengatakan, selain dua OPD yang bakal naik tipe, juga ada enam dinas/badan yang bakal mengalami perubahan nomenklatur.

Adapun ke enam dinas/badan tersebut diantaranya, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) bakal berubah menjadi Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Selain itu, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) akan berubah menjadi Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD). Inspektorat juga akan menjadi Inspektorat Daerah, Dinas Perpustakaan akan berubah menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Koperasi Usaha Mikro akan berubah menjadi Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Ketenagakerjaan.

“Untuk Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, yang semula berstatus quo tak lama lagi bakal masuk menjadi perangkat daerah,” tegas legislator Partai Demokrat ini, Senin (27/1).

Arif mengungkapkan, tujuan peningkatan tipe dua OPD tersebut yakni Dinkes dan Sekretariat DPRD, sebagai upaya meningkatkan kinerja perangkat daerah, guna mewujudkan visi dan misi kepala daerah sesuai rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

Dengan peningkatan tipe organisasi perangkat daerah tersebut tentu harus diikuti perubahan di dalam struktur organisasinya.

“Perubahan tersebut akan diatur di dalam  Peraturan Bupati tentang susunan organisasi dan tatakerja perangkat daerah (SOTK),” jelas Arif.

Perubahan struktur organisasi dimaksud, diantaranya dengan penambahan bidang dan seksi sesuai ketentuan yang berlaku.

“Untuk lingkup Dinkes, dasarnya adalah Pernenkes dan Skertariat DPRD dasarnya adalah Permendagri. Idealnya tahun ini harus sudah dilaksanakan, agar kinerja OPD lebih meningkat dalam pencapaian indikator-indikator RPJMD,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan