Siapkan Rp890 Juta, DPUPR Pacitan Segera Rekonstruksi Tanggul Parapet di Kembang

oleh -13387 views
Peninjauan proses pembangunan tanggul di Dusun Kiteran Desa Kembang Kecamatan Pacitan pada Selasa (8/10/2019). (IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (DPUPR) Kabupaten Pacitan, sesegera mungkin melaksanakan kegiatan perkuatan tebing dan rekonstruksi tanggul parapet di Dusun Kiteran, Desa Kembang, Kecamatan/Kabupaten Pacitan. Untuk keperluan itu, Pemkab Pacitan telah mengalokasikan anggaran Rp 890 juta.

Menurut keterangan Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air, DPUPR setempat, Yudo Tri Kuncoro, mengatakan, kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut kegiatan tahun sebelumnya.

Baca juga: Pembangunan Tanggul di Desa Kembang Diharapkan Cepat Selesai

“Pada tahun 2018 lalu telah dilaksanakan kegiatan perkuatan tebing senilai Rp 200 juta. Tahun ini kita melakukan penyempurnaan dari exiting yang telah ada. Yakni tanggul parapet yang jebol akibat diterjang banjir tahun lalu,” katanya, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Ahad (26/1/2020).

Lebih lanjut, pejabat eselon III b ini menjelaskan, memang selama setahun ini Pemkab baru sebatas melakukan tindakan kedaruratan bencana. Sehingga fungsi dari tanggul tersebut mungkin belum begitu maksimal.

“Nah, tahun ini kita hendak melakukan rekonstruksi tanggul parapet tersebut sepanjang kurang lebih 90 meter. Tentu setelah kegiatan usai dilaksanakan, risiko banjir insyaallah akan bisa diminimalisir,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan