Disparpora Ingin Tingkatkan Lama Tinggal Wisatawan di Pacitan Tahun 2020

oleh -13858 views
PANTAI SRAU. Pantai Srau adalah satu dari sekian banyak pantai di Pacitan yang menjadi tujuan favorit para wisatawan. (Foto: Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan berupaya menambah length of stay atau lama tinggal wisatawan saat berkunjung ke Pacitan pada tahun 2020 ini.

“Ada satu inovasi yang kita terapkan di tahun 2020, target kita selain untuk meningkatkan kunjungan wisata dan Pendapatan Asli  (PAD), kita juga menargetkan meningkatkan lama tinggal, ya kita targetkan minimal orang hadir di Pacitan itu dua hari satu malam, kalau bisa tiga hari dua malam,”kata Kepala Disparpora Pacitan T Andi Faliandra, dalam wawancara khusus Diskominfo Pacitan yang dikutip Pacitanku.com dari laman Youtube Pemkab Pacitan, Kamis (16/1/2020).

Baca juga: Pemkab Pacitan Naikkan Target PAD Sektor Pariwisata Tahun 2020 Jadi Rp16,6 M

Lebih lanjut, Andi mengatakan salah satu cara untuk meningkatkan lama tinggal wisatawan di Pacitan adalah dengan pendekatan festival.

“Kita coba dengan pada tahun 2020 pendekatan kita adalah pendekatan festival, festival itu maksudnya apa? Festival di obyek wisata, tidak hanya di obyek wisata, tapi bagaimana mengkaitkan beberapa kegiatan dalam satu bentuk, yang kita sebut  dengan festival,”jelasnya.

Sehingga, dengan pendekatan festival tersebut, kata Andi, hal itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung.

“Disitu ada atraksi, yang bisa dinikmati oleh para kunjungan wisata untuk bisa menikmati dalam waktu lama, sehingga dampak yang kita harapkan tidak hanya meningkatkan PAD kita, tetapi duit yang berputar di Pacitan akan lebih banyak, orang di Pacitan, orang makan, menginap, belanja,”ujarnya.

Rencana tersbeut, kata Andi, akan dicoba di tahun 2020 ini dengan melaksanakan beberapa festival yang melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

“Kita melaksanakan beberapa festival di Pacitan, yang kita kaitkan dengan beberapa OPD, kita harapkan ini akan berjalan menarik, ada seperti Dinas Perindustrian, Dinas Koperasi, juga Disparpra, kita libatkan semuanya dan kita kemas dalam bentuk festival,”pungkasnya.

Sebelumya diberitakan, Disparpora akan menaikkan target target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata pada tahun 2020 menjadi Rp16,6 miliar atau total kunjungan 2,65 juta wisatawan.

Hal itu dilakukan menyusul kesuksesan Pemkab Pacitan dalam meningkatkan kunjungan wisata di Pacitan pada tahun 2019. Dimana dari target 2,3 juta pada tahun 2019 berhasil dilampaui menjadi 2,305 juta kunjungan dengan target PAD Rp12,2 miliar berhasil dilampaui dengan capaian PAD tahun 2019 Rp 13,059 miliar.