Banyak OPD Pemkab Pacitan Belum Laksanakan Kegiatan

oleh -252 views
Kabid Anggaran dan Perbendaharaan BPKAD Pacitan, Surono. (Yuniardi Sutondo).

Pacitanku.com, PACITAN –  Semua organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Pacitan diharapakan melakukan akselerasi pelaksanaan kegiatan di tahun anggaran 2020 ini.

Namun begitu, hingga minggu kedua Januari ini, masih banyak OPD yang belum menyelesaikan dokumen penggunaan anggaran (DPA). Tentu saja kegiatan mereka belum bisa berjalan.

Kabid Anggaran dan Perbendaharaan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat, Surono mengatakan, tidak ada alasan bagi semua OPD untuk melaksanakan kegiatan dengan dalih belum tuntasnya DPA. Sebab sampai saat ini sudah banyak OPD-OPD yang menyelesaikan DPA.

“Hampir sebagian besar sudah siap (DPA). Meskipun ada beberapa yang masih dalam proses,” kata Surono, menanggapi alasan OPD yang belum melaksanakan kegiatan karena belum siapnya DPA, melalui hubungan telepon, Kamis (16/1/2020).

Menurut pejabat eselon III b ini, mulai tahun anggaran 2020 OPD tak lagi dipusingkan dengan penandatanganan DPA oleh pejabat penandatangan ataupun pejabat pengesahan DPA. Sebab setelah dilakukan verifikasi oleh BPKAD, masing-masing pejabat akan dihadirkan.

“OPD cukup datang ke BPKAD, pejabat penandatangan dan pengesah DPA sudah kita hadirkan,” terang dia.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, sejak tanggal 2 Januari lalu kegiatan operasional OPD dari uang persediaan (UP) sudah bisa dilaksanakan. Kecuali kegiatan belanja langsung (LS) kontraktual memang sekarang ini sebagian diantaranya masih dalam proses verifikasi DPA.

“Kalau UP untuk operasional OPD sejak awal Januari lalu sudah bisa dilaksanakan. Hanya yang SPM-LS, utamanya kontraktual memang masih ada beberapa diantaranya yang belum selesai verifikasi,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala BPKAD Pacitan, Lan Naria Hutagalung, belum bisa dimintai keterangan. Sebab berulang kali di hubungi melalui ponselnya, namun tak diangkat sekalipun terdengar nada sambung.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan